Saturday, September 15, 2018

Jangan Pandang Remeh Untuk Setiap Kedipan Dari Lampu Engine Check Motor Anda

Mengapa Engine Check Motor Injeksi Berkedip?




Motor keluaran terbaru saat ini sudah hampir seluruhnya menggunakan teknologi yang dikenal dengan sistem bahan bakar injeksi. Teknologi ini adalah teknologi yang masih tergolong baru untuk kendaraan roda dua di tanah air.

Teknologi injeksi pada sepeda motor, yaitu teknologi yang diterapkan pada sepeda motor untuk menggantikan kehadiran suku cadang karburator yang sebelumnya sudah lama digunakan.

Ilustrasi Engine Check https://www.daengnungtung.com
Ilustrasi Engine Check


Sepeda motor sebelum tahun 2005 kebanyakan masih menggunakan sistem pencampuran bahan bakar dan udara untuk membuat kabut bahan bakar dengan mengunakan karburator. Namun kini fungsi itu sudah tergantikan oleh kehadiran suku cadang injeksi yaitu Injector.

Sistem penyuplai campuran udara dan bahan bakar ke ruang bakar mesin sepeda motor guna menghasilkan proses pembakaran yang sempurna sudah di tangani oleh suku cadang yang di kenal nama Injector. Kehadiran suku cadang yang satu ini otomatis melibur panjangkan karburator yang telah lama bercokol di sana.

Sistem Injeksi pada sepeda motor sendiri tidak dapat berjalan sendiri, sistem ini memerlukan dukungan beberapa perangkat keras lain dan juga sistem yang sudah terpadu.

Perangkat keras yang saya maksud di sini adalah beberapa sensor pendukung, sementara untuk sistem terpadu yang saya maksudkan di sini adalah kehadiran ECU (Engine Control Unit) untuk sebagian merek ECU juga dikenal dengan ECM singkatan dari Engine Control Module. ECU dan ECM adalah alat yang sama, hanya penyebutan dari pabrikan merek sepeda motor saja yang membedakan.

Pada sepeda motor Injeksi dengan teknologi yang sudah selangkah lebih maju dari teknologi mesin sepeda motor karburator. Setiap masalah mesin yang terpadu dalam sistem akan di beritahukan ke pengendara melalui satu modul yang sering di kenal dengan sebutan Engine Check.


Mesin Injeksi Sepeda Motor https://www.daengnungtung.com
Sepeda Motor Injeksi


Engine Check tentu tidak akan menyala atau mengirim kode ke pengendara untuk beberapa kerusakan yang tidak melalui sensor-sensor yang telah dibuat terpadu. sebut saja cat tergores atau sadel sobek, hal itu tentu tidak menjadi tanggung jawab dari sistem pelaporan Engine Check. Sebab, Engine Check bertugas untuk memberikan informasi terkait ketidakwajaran sensor yang ditanamkan pada kendaraan sepeda motor Anda.



Engine check melalui ke dipan lampu yang dikenal dengan istilah MIL yaitu singkatan dari Malfunction Indikator Light memberitahukan informasi kepada pengendara terkait kesalahan sistem pada kendaraan yang Anda kendarai.

Lampu MIL pada umumnya berwarna kuning, dengan gambar mesin sebagai gambaran jika ini adalah indikator peringatan beberapa kegagalan yang terjadi di mesin sepeda motor Anda. lampu ini secara default terletak di hadapan pengendara yaitu di tempatkan di sekitaran speedometer. Tujuannya tidak lain agar pengendara dengan mudah melihat peringatan yang disampaikan.

Pesan Yang Disampaikan Oleh Indikator Engine Check


Secara umum, jika terjadi gagal fungsi pada mesin sepeda motor Anda. lampu MIL akan terus menyala dan tidak mau padam selama permasalahan tersebut di tangani. Walau saat itu motor Anda masih dapat digunakan dan dikendarai.

Untuk itu Anda pengendara roda dua dengan sistem bahan bakar Injeksi harus jauh lebih peka. Coba kenali pesan yang disampaikan oleh indikator Engine Check motor Anda.

Sepeda motor Injeksi dengan teknologi yang sudah selangkah lebih maju dari teknologi mesin sepeda motor karburator. Setiap masalah mesin yang terpadu dalam sistem akan di beritahukan ke pengendara

Jumlah kedipan berbeda-beda untuk setiap kerusakan yang berbeda pula.

Peringatan Ringan Berupa Satu Ke dipan.


Saat Anda menemukan kedipan dari MIL seperti ini, yaitu satu kedipan kemudian padam. Anda tidak perlu risau. Kendaraan Anda masih dapat digunakan untuk tahapan penggunaan normal. Walau untuk putaran RPM mesin tinggi motor Anda akan serasa kehilangan tenaga.

Kedipan satu kali dari MIL itu berarti terjadi ketidakstabilan pada Intake manifold mesin sepeda motor Anda. Pada umumnya, sepeda motor Sistem bahan bakar Injeksi memiliki sensor di bagian Intake Manifold. Sensor ini dikalangan bengkel biasa di sebut dengan MAP atau singkatan dari Manifold Absolute Pressure. Tujuan sensor ini adalah untuk mendeteksi jumlah udara yang mengalir kedalam mesin.

Mesin Injeksi https://www.daengnungtung.com
Mesin Injeksi


Cara kerja sensor MAP adalah dengan mendeteksi perubahan tekanan pada Intake Manifold. Peran resistor di sini akan sangat berpengaruh, yaitu ketika terjadi aliran listrik melalui variabel resistor. Maka otomatis terjadi perbedaan voltase sesuai dengan kondisi kevakuman yang ada. Perubahan voltase yang didasarkan pada besaran tekanan yang terdeteksi menjadi sinyal output dari sensor MAP. Sinyal akan di teruskan ke ECM atau ECU dan selanjutnya akan dilanjutkan ke MIL jika terdapat ketida wajaran.

Cara Mengatasi Kedipan Pada Lampu Engine Check


Untuk mengatasi semua kendala yang terjadi pada sepeda motor Anda, datang bertamu ke bengkel adalah pilihan yang tepat. Tenaga ahli bengkel akan memeriksa setiap kondisi sepeda motor Anda dengan teliti.

Bahkan bagi sebagian bengkel sudah melengkapi diri dengan beberapa Toll yang terkini seperti kehadiran Diag Toll atau alat diagnosa mesin untuk mengetahui bagian mana yang mengalami gagal fungsi pada sepeda motor kesayangan Anda.

Untuk bengkel-bengkel besar seperti bengkel pemegang merek, mereka tentu sudah memiliki tenaga terlatih untuk menangani setiap permasalahan yang ada. Alat yang digunakan sudah barang tentu sesuai standar pabrikan. Sebut saja alat Diag yang digunakan berupa komputer yang terintegrasi dengan baik dan lain-lain.

Sementara untuk bengkel kecil atau sering di kenal dengan bengkel tepi jalan. Alat yang digunakan tentu saja tidak selalu sesuai dengan standar pabrikan. Namun Anda jangan ragu untuk singgah di sana, betapa tidak saat ini sudah banyak bengkel tepi jalan yang memiliki alat yang canggih seperti Diag Tool untuk membantu pekerjaan mereka.

Apakah Kerusakan Yang Diinformasikan Oleh MIL Memerlukan Pembongkaran Mesin?


Pembongkaran dan pemasangan merupakan satu bagian dalam alur perbaikan. Itu sudah pasti. Namun sejauh mana yang mengalami pembongkaran atau penanganan lebih lanjut semua itu tergantung sejauh mana kerusakan yang terjadi.

Ingat sepeda motor Anda adalah rangkaian terpadu dari beberapa sistem atau suku cadang yang saling mendukung. Secanggih apapun software atau teknologi yang diterapkan sentuhan tangan pada perangkat keras tentu masih diperlukan.

No comments:
Write komentar

Hubungi Saya Langsung