Thursday, September 13, 2018

Cara Merawat Sepeda Motor Teknologi Injeksi Agar Tetap Dalam Kondisi Terbaik

Apakah anda pengendara kendaraan sepeda motor dengan teknologi yang masih lawas atau anda adalah seorang pengendara kendaraan roda dua dengan teknologi terkini, seperti Sistem Bahan Bakar Injeksi. Anda tentu saja akan sependapat dengan saya, jika kendaraan harus mendapat perawatan rutin untuk tetap dalam kondisi terbaik.




Pada dasarnya apapun teknologi kendaraan anda, semua sama saja. Kendaraan tersebut membutuhkan perawatan rutin. Hanya saja, jenis dan nama suku cadangnya yang berbeda.

Ilustrasi Injeksi Sepeda Motor https://www.daengnungtung.com
Ilustrasi Injeksi Sepeda Motor

Sebut saja pada sepeda motor tahun dua ribuan ke bawah yang masih rata-rata menggunakan sistem penyuplai bahan bakar ke dalam ruang bahan bakar mesin, masih dengan karburator. Service rutin sangat dibutuhkan. Seperti membersihkan atau menyetel kembali putaran main jet dan pilot jet bahan bakar.

Lalu apakah dengan Anda sudah beralih ke sepeda motor dengan teknologi terkini yaitu mesin dengan sistem penyuplai bahan bakarnya adalah Injektor atau sistem injeksi lantas Anda tidak membutuhkan layanan service ringan lagi. Kenyataannya, tidak juga.

Service ringan akan membantu anda menjaga kondisi kendaraan sepeda motor Anda tetap prima serta menghindarkan kendaraan sepeda motor Anda dari kerusakan yang fatal.

Sepeda motor Injeksi idealnya selalu terjaga kualitas bahan bakarnya. Sangat diharapkan, kendaraan Anda jangan pernah kehabisan bahan bakar.

Mengapa kendaraan Injeksi serasa berat berakselerasi.

Anda mungkin pernah merasakan beberapa bulan setelah Anda menunggangi sepeda motor terbaru Anda. Kok, sepeda motor tersebut terasa berat di ajak melaju dengann cepat. Mungkin saja Anda merasa kendaraan Anda sudah mengalami kerusakan berat.

Hal seperti itu banyak penyebabnya. Salah satunya adalah di bagian suku cadang yang dikenal sebagai Injektor atau Injeksi bahan bakar ke ruang pembakaran mesin sepeda motor Anda.

Kerusakan apa yang menimpa suku cadang kendaraan Anda Injeksi sepeda motor Anda?


Anda tentu akan bertanya, apanya yang rusak? Padahal bisa jadi suku cadang sepeda motor Anda saat itu belum rusak. Hanya mengalami gagal fungsi. Sebut saja telah terjadi penumpukan kerak di lubang Injeksi sepeda motor Anda.

Kita telah sama-sama sepakat jika Injeksi adalah ujung tombak penyuplai bahan bakar sepeda motor Anda di tambah dukungan komponen lain yaitu Fuel Pump dan ECU beserta sensor-sensornya.

Pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba membahas sedikit terkait komponen Injeksi atau Injektor pada kendaraan Anda atau sepeda motor Anda. Khususnya adalah cara merawat dan membersihkan Injektor atau Injeksi pada sepeda motor.

Cara Membersihkan Injeksi Sepeda Motor


Sebenarnya, cara terbaik untuk menjaga kondisi kendaraan Anda tetap dalam kondisi terbaiknya adalah dengan rutin bertamu ke bengkel resmi. Hanya saja, Anda mungkin merasa tidak cukup punya banyak waktu untuk melakukan itu. Atau bisa saja Anda berpikir seperti saya, sedapat mungkin menghemat untuk keperluan lain. Selama sepeda motor itu masih bunyi dan dapat jalan ya di pakai saja. Tapi pikiran seperti ini salah dan harus dihindari.

Mesin Sepeda Motor Matic Injeksi https://www.daengnungtung.com
Ilustrasi Mesin Sepeda Motor Matic Injeksi




Bagi Anda yang ingin mencoba tantangan baru, Anda dapat memberanikan diri untuk mengutak-atik sendiri sepeda motor Anda.

Berikut ini adalah cara membersihkan Injeksi yang paling mudah dilakukan di rumah atau dengan tangan Anda sendiri.

Menggunakan Cairan Pembersih Injektor


Caranya tentu saja Anda harus menyiapkan terlebih dahulu cairan pembersih Injektornya. Setelah bahannya siap, saatnya bekerja. Caranya sangat mudah, cukup campurkan kedalam tangki bahan bakar sepeda motor Anda.

Takaran untuk perbandingan bahan bakar dan cairan pembersih sudah dapat anda temukan sendiri di sisi kemasan produk pembersih Injektor sepeda motor tersebut.

Setelah cairan dituangkan kedalam tangki bahan bakar. Hidupkan mesin sepeda motor Anda. Biarkan dalam putaran mesin rendah dan stabil sekitar 10 menit. Selain membuat mesin Anda menjadi panas, juga agar bahan bakar yang masih tersisa masuk ke ruang bakar dan terbakar habis.

Naikkan RPM sepeda motor anda dengan memutar gas motor anda sedikit dan tahan. Biarkan sepeda motor Anda berada pada putaran mesin sekitar 4500 RPM sampai 6500 RPM dalam jangka waktu sekitar 5 menit.

Pelankan putaran RPM mesin sepeda motor Anda. Lalu ulangi kembali dan tahan agak lama. Biarkan asap keluar dari knalpot pembuangan sepeda motor Anda jika memang terjadi. Dengan demikian kotoran yang menyumbat lubang halus di ujung Injektor/ Injeksi sepeda motor Anda akan rontok dengan sendirinya.

Membersihkan Injektor Injeksi Sepeda Motor Dengan Vacum Pump


Cara ini paling banyak digunakan di bengkel-bengkel tepi jalan yang sering Anda lihat. Prinsip kerjanya sangat sederhana, yaitu mengalirkan cairan pembersih langsung menuju suku cadang motor Anda, Injeksi sepeda motor Anda.

Sistem ini sama sekali tidak membutuhkan pencampuran cairan pembersih dengan bahan bakar di tangki bahan bakar sepeda motor Anda. Hal inilah membuat cara ini jauh lebih efektif membersihkan Injektor atau injeksi bahan bakar sepeda motor Anda.

Cara Membersihkan Injektor/ Injeksi Sepeda Motor Dengan Vacum Pump Liquid cleaning.

Dalam keadaan sepeda motor masih hidup. Selain bahan bakar di cabut dan digantikan dengan selang Vacum Pump Liquid cleaning. sedapat mungkin tekanan pompa sudah diatur setara dengan tekanan normal yang dibutuhkan sepeda motor tersebut.

Tambahkan putaran RPM Sepeda motor anda sampai cairan pembersih tidak tersisa. Cairan seperti ini banyak di jual di bengkel-bengkel. Sebenarnya cairan ini adalah zat cair yang mudah terbakar seperti bensin, hanya sudah mendapat tambahan beberapa partikel adiktif lain yang membantu menghancurkan kerak atau deposit di dalam Injektor.

Ilustrasi Sistem Injeksi Sepeda Motor https://www.daengnungtung.com
Ilustrasi Sistem Injeksi Sepeda Motor


Kedua cara di atas adalah cara paling mudah membersihkan Injektor atau Injeksi sepeda motor Anda. Sebagai tindakan perawatan kedua cara diatas sudah sangat pas untuk diterapkan. Namun bagaimana jika kendaraan Anda sudah terlanjur parah dan tidak bisa dihidupkan lagi.

Anda tidak mempunyai pilihan lain selain menyerahkan kepada ahlinya di bengkel. Apakah Anda memilih bengkel resmi atau bengkel ecil di tepi jalan. Pada dasarnya, sama saja. Yang Harus anda pahami, kendaraan Anda benar-benar ditangani oleh mereka yang ahli dengan jam terbang yang sudah cukup. Selain itu, paling tidak Anda harus menanyakan apakah kendaraan Anda akan dikerjakan dengan alat yang tepat, presisi dan sesuai dengan standar pabrikan.

Idealnya, bengkel yang menangani kerusakan pada kendaraan Injeksi harus memiliki tenaga berpengalaman dan profesional. Selain itu paling tidak memiliki alat yang sesuai standar, seperti diagnostic tool atau biasa di sebut Diag Engine, memiliki Injector Service Kit dan alat-alat standar lainnya.

No comments:
Write komentar

Hubungi Saya Langsung