Sunday, December 10, 2017

Cara Merawat Kendaraan Tetap Awet

Beberapa Hal Sepele Yang Sering Terlupakan Dalam Perawatan Harian Kendaraan Anda


Mengetahui cara yang benar untuk merawat mesin mobil manual dan metik merupakan hal yang sangat diperlukan bagi pengguna mobil. Hal ini berlaku untuk semua tipe kendaraan, apakah dalam kondisi baru atau sudah lama, mesin manual atau mesin otomatis transmission, mesin bensin atau mesin diesel.

Agar dapat berkendara tanpa kendala sehari-hari, terutama datangnya dari kerusakan kendaraan anda. Melakukan pemeliharaan dan pemeriksaan secara berkala terhadap kondisi kendaraan menjadi rutinitas mingguan yang jangan sampai terlewatkan.

Ilustrasi Mesin Mobil  https://nungtung.blogspot.com/
Ilustrasi Mesin Mobil

Mobil adalah alat transportasi yang saat ini mungkin paling banyak digunakan oleh banyak orang terutama di perkotaan dan merupakan moda transportasi darat yang cukup aman untuk anda dan keluarga anda.

Bahkan mobil saat ini sudah menjadi bagian gaya hidup sehari-hari dan sudah dijadikan kendaraan sehari-hari untuk beraktivitas. Karena digunakan berkendara terus menerus setiap waktu dari tempat yang satu ke tempat yang lain kapan saja, mobil tentunya harus tetap dalam keadaan kondisi yang prima. Untuk mendapatkan kondisi mobil yang sehat dan prima tentunya dibutuhkan perawatan pada mobil kesayangan anda yang maksimal dan menyeluruh. Paling kurang kendaraan anda memperoleh pemeriksaan sekali dalam sebulan.

Tujuan utama perawatan ringan kendaraan adalah untuk menjaga agar kondisi mobil anda senantiasa dalam kondisi terbaik untuk dapat digunakan mengantarkan anda dari tempat yang satu ke tempat yang lain.
Mobil lama maupun mobil baru semua membutuhkan perawatan yang rutin dan berkesinambungan. Bukan hanya mobil bekas, mobil baru pun juga memerlukan perawatan secara rutin dan menyeluruh, hal itu pun berlaku pula untuk mobil manual atau pun mobil automatik atau lebih di kenal dengan istilah mobil metik yaitu kendaraan dengan transmisi otomatis.

Walau kenyataan dalam praktiknya dalam kehidupan keseharian masih banyak dijumpai pengendara yang lalai melalui tahap pemeliharaan ini. Seribu satu alasan tentu saja sering kita dengar, namun yang paling sering menjadi alasan adalah ketidaktahuan dan tidak adanya waktu luang untuk melakukan semua itu. Kebiasaan menunda pekerjaan pun menjadi salah satu alasan klasik yang banyak diutarakan di bengkel jika kendaraan sudah harus di opname karena mengalami kerusakan yang berarti.

Terkadang juga karena ketidaktahuan atau ilmu di bidang otomotif yang minim sehingga melakukan kesalahan fatal yang berakibat pada kondisi tunggangan kesayangan yang terlewatkan. Banyak orang yang melakukan perawatan kendaraan secara asal tanpa memperhatikan secara mendetail tentang cara merawat mesin mobil manual atau metik dengan benar. Sehingga terkadang menyebabkan kerusakan pada mesin mobil.

Tentunya hal seperti ini, tidak anda inginkan terjadi pada mobil kesayangan anda, bukan?  Agar anda tidak melakukan kesalahan fatal dalam merawat kendaraan anda atau mesin mobil anda. Tidak ada salahnya anda meluangkan waktu untuk menyimak beberapa cara sederhana di bawah ini yang mungkin saja terlewatkah oleh anda.

Memeriksa Atau Mengecek Kondisi Starter Mobil


Cara sederhana untuk mengetahui kondisi starter mobil anda dalam kondisi baik atau sudah harus dilakukan perbaikan adalah dengan mendengarkan suara mobil itu sendiri saat di starter. Selain itu perhatikan juga indikator yang mungkin timbul di dashboard mobil anda untuk memantau kondisi Engine check dan kondisi Accu atau aki mobil anda.

Cobalah untuk menghidupkan mobil kesayangan anda. Bila suara yang terdengar saat starter tidak seperti biasanya atau bahkan mobil tidak dapat di starter maka terdapat kerusakan di dalamnya. Kerusakan mungkin terjadi pada komponen dinamo starter atau kabel Kelistrikan yang mengalami masalah arus pendek, atau bahkan ada sekring pada mobil anda yang sudah rusak atau putus.

Hal lain yang dapat terjadi adalah dapat dikarenakan berkurangnya suplai bahan bakar atau udara. Periksalah saringannya atau filter bahan bakar dengan cara mencabut filter dan membersihkan dengan kuas atau sikat kecil yang halus atau dengan bantuan semprotan angin dari mesin kompresor.
Bagaimana jika semua hal di atas telah anda lakukan namun kendaraan anda belum juga normal atau belum dapat dihidupkan? Jalan terbaik adalah dengan segera mengunjungi bengkel langganan anda atau bengkel kendaraan terdekat dengan anda.

Mengapa saya terlebih awal menganjurkan anda membawa ke bengkel langganan anda? Sebab, mereka tentu akan lebih cepat memahami keluhan anda dan paham betul dengan kondisi mobil anda.

Lakukan Penggantian Oli Mesin Secara Berkala


Sehebat dan secanggih-canggihnya mesin kendaraan yang anda miliki. Cairan pelumas berupa Oli tetap memegang peranan penting untuk menjaga kondisi mesin anda tetap dalam kondisi siap jalan. Oli adalah darah segar dalam mesin anda dan melindunginya dari setiap kemungkinan kerusakan akibat gesekan antara komponen mesin yang satu dengan lainnya.

Oli sebagai cairan pelumas dan merupakan salah satu komponen pendukung yang sangat penting bagi performa mobil. Untuk melindungi keadaan mesin mobil agar selalu maksimal anda harus rutin melakukan penggantian oli secara berkala.

Kapan Waktu Yang Tepat Melakukan Penggantian Oli Mesin


Kapan waktu yang cepat untuk anda melakukan penggantian oli mesin berbeda untuk setiap merek atau tipe kendaraan. Untuk lebih jelasnya anda dapat menanyakan ke bengkel resmi kendaraan anda atau dengan membaca buku manual kendaraan anda.

Ketentuan penggantian oli biasanya memang berbeda-beda setiap jenis mobil. Secara umum dan dalam kondisi yang normal, pergantian oli mobil dilakukan ketika sudah menempuh jarak 2500 kilometer sampai 5000 kilometer.

Atau berdasarkan tanggal kalender, yaitu sekitar lima mingguan penggunaan. Tentu saja hal ini harus dikondisikan dengan perjalanan mobil anda. Mobil yang hanya bekerja di perkotaan dengan jarak tempuh pendek tentu akan berbeda dengan kendaraan yang selalu menempuh jarak jauh atau medan yang berat.

Keberadaan Oli tidak hanya mempengaruhi performa mesin mobil manual atau otomatis anda saja. Namun juga bertindak sebagai penahan atau sebagai perantara di antara pergesekan komponen-komponen besi yang ada di dalam mesin mobil anda. Sehingga sangat penting untuk mengganti oli secara berkala.

Sangat penting untuk anda memastikan memilih oli yang sesuai dengan kebutuhan mesin mobil anda. Bagi anda yang masih kurang memahami oli yang tepat untuk kendaraan mobil anda, anda dapat melihat di dalam buku manual kendaraan anda jenis dan tipe kekentalan oli yang cocok dengan mobil anda serta takaran yang pas untuk kebutuhan mesin mobil anda. Selain itu anda dapat berkonsultasi dengan mekanik bengkel-bengkel terdekat untuk informasi yang tepat mengenai kebutuhan akan oli pelumas untuk mesin kendaraan anda.

Pelumas oli tidak hanya untuk mesin semata-mata. Oli atau minyak pelumas juga sangat berperang untuk pelumasan lain seperti komponen lain yang bergerak lainnya, seperti gardan pengereman dan power steering.

Perhatikan Pemakaian Minyak Pelumas/ Oli Power Steering


Kondisi mobil dengan bantingan steering yang berat bisa jadi disebabkan karena oli power steering yang sudah tua dan harus diganti atau bahkan sudah habis sama sekali. Bila oli power steering sudah hampir habis maka dapat menyebabkan setir mobil menjadi berat dan sangat susah ketika anda mengemudikannya. Salah satu tanda yang paling jelas ketika oli power steering anda mulai habis adalah munculnya bunyi beeb pada pompa ketika mobil anda berbelok.

Hal lain yang wajib menjadi perhatian anda adalah kondisi minyak rem atau brake oil kendaraan atau mobil anda. Tidak peduli itu mobil baru atau mobil tua, apa pun tipe dan merek mobil anda. Apakah metik atau otomatis, keberadaan minyak rem adalah merupakan komponen vital dan merupakan point keselamatan untuk menghentikan laju kendaraan anda.

Sangat penting menjaga persediaan minyak rem tetap dalam kondisi aman. Oli rem harus berada di antara tanda LOW dan HIGH. Jika oli rem anda berada pada LOW, jangan langsung menambah minyak rem. Periksa terlebih dahulu kondisinya secara langsung, karena turunnya indikator atau tanda minyak rem juga dapat terjadi karena menipisnya kampas rem atau sepatu rem pada tromol atau di roda anda.

Memeriksa Kondisi Cairan Pendingin Radiator Atau Coolant


Mesin mobil dengan dapur pacu yang bersumber dari pembakaran bahan bakar dan campuran gas dalam dapur pacu tentu saja akan menimbulkan panas di dalam komponen mesin itu sendiri. Untuk itu kehadiran komponen pendingin mulai dari kipas sampai radiator dan cairan radiator merupakan komponen vital lain untuk menjaga mesin mobil anda tetap dapat berfungsi dengan baik.

Salah satu cara merawat mesin mobil manual maupun metik yaitu mengetahui fungsi cairan radiator dan komponen radiator itu sendiri adalah untuk menetralkan panas dalam mesin mobil anda.

Sebagai seorang pengendara dan pemilik kendaraan sudah menjadi hal dasar untuk memahami kondisi kendaraan anda, salah satunya adalah dengan mengetahui titik aman cairan radiator ini. Pastikan selalu untuk rutin mengecek air radiator anda. Bila air radiator anda kosong, hal tersebut akan menyebabkan overheat pada mesin sehingga  dapat menyebabkan mesin mobil anda rusak. Kondisi terparah akibat mesin kehabisan air pendingin adalah mesin dapat jebol atau meledak saat dioperasikan.

Tidak hanya itu, kekosongan air radiator dapat juga membahayakan pengemudi mobil. Sehingga penting sekali untuk melakukan pengecekan rutin pada cairan radiator agar performa radiator sebagai pendingin mesin akan tetap terjaga.

Anda dapat mengecek air radiator anda dengan melihat langsung melalui tutup radiator. Dan yang perlu anda ingat adalah jangan sesekali membuka tutup radiator ketika mesin dalam keadaan menyala atau pun mesin mobil masih dalam keadaan panas. Dianjurkan untuk melakukan penggantian atau pengurasan air radiator pada saat sudah menempuh jarak maksimal 1000 kilometer.

Membersihkan Filter Karburasi Maupun System Injeksi Bahan Bakar


Apabila mesin mobil anda susah dinyalakan, itu pertanda bahwa filter karburasi anda dalam keadaan kotor. Anda dapat membersihkan saringan karburasi anda dengan mudah.

Kondisi kendaraan yang terjaga dan tetap dalam kondisi terbaik akan membuat anda lebih percaya diri, nyaman, aman dalam berkendara sehari-hari. Apakah itu sekedar untuk menjawab tuntutan kebutuhan aktivitas anda atau untuk sekedar hobi.

Cara mudah untuk membersihkan filter karburasi adalah dengan menggunakan kuas kecil atau sikat gigi halus. Tujuannya adalah untuk melepas kotoran dan kerak yang menempel pada filter karburasi. Sebagai perhatian tambahan untuk anda, Jangan sekali-kali menggunakan udara panas dari hairdryer atau tiupan angina bertekanan tinggi dari mesin kompresor pada saat membersihkan filter karburasi karena hal tersebut dapat menyebabkan risiko kerusakan pada filter karburasi mobil anda.


Periksa Kondisi Timing Belt


Timing belt merupakan komponen dalam mobil yang berfungsi untuk meneruskan putaran roda-roda gigi yang dihubungkan ke bagian internal mesin. Bila terdapat suara dengung atau bising ketika mobil anda dinyalakan maka terdapat kerusakan pada timing belt.

Kerusakan timing belt yang terus dibiarkan akan menyebabkan timing belt putus sehingga komponen-komponen tertentu pada mesin mobil dapat rusak. Selain itu suplai listrik pada akumulator tidak akan bekerja secara maksimal.

Periksa Kondisi Knalpot Atau Saluran Gas Buang


Knalpot atau saluran gas buang udara sisa pembakaran dalam ruang bakar pada mesin merupakan komponen penting pada mobil yang berfungsi untuk mengeluarkan gas sisa pembakaran kendaraan. Cek rutin kondisi knalpot pada mobil anda dan pastikan tidak terdapat hal yang menyumbat sehingga aliran pembuangan gas mobil anda akan lancar.

Knalpot kendaraan yang tersumbat atau mengalami kebocoran dapat mempengaruhi kinerja kendaraan anda. Selain itu jika kebocoran pada knalpot anda sudah parah, suara kendaraan anda akan terdengar aneh dan tidak nyaman didengarkan. Selain suara, gas sisa pembuangan dari knalpot kendaraan yang bermasalah juga akan menjadi tidak ramah untuk lingkungan hidup.

Selalu Lakukan Penggantian Spare Part Mobil Yang Orisinal


Melakukan penggantian menjadi keharusan untuk setiap komponen yang di diagnosa sudah mengalami kerusakan atau penurunan kinerja. Sebagai pengguna kendaraan dan pemilik mobil kesayangan anda, sangat dianjurkan untuk selalu mengganti dengan komponen yang terbaik atau paling minimal adalah dengan mengganti dengan komponen standar pabrikan kendaraan anda atau orisinal.

Apabila ternyata terdapat kerusakan komponen dalam mesin mobil anda. Pastikan untuk segera memperbaikinya di bengkel-bengkel resmi karena mobil anda akan diperbaiki oleh mekanik yang andal dan ahli terhadap jenis dan tipe mobil anda di sana.

Selain itu, jika memang mengharuskan untuk mengganti komponen-komponen dalam mobil anda. Pastikan untuk membeli komponen yang orisinal dan berkualitas agar mencegah kerusakan komponen lain.

Jangan tergiur dengan barang yang dijual murah namun tidak dapat dibuktikan kualitasnya karena besar kemungkinan produk dengan harga murah atau di kenal dengan produk imitasi memiliki kekurangan baik kualitas maupun ukuran yang tidak presisi. Hal seperti ini dapat mengundang kerusakan pada komponen lain di dalam mesin mobil kesayangan anda.

Pacu Mobil Anda Sesekali Waktu, Untuk Membuatnya Tetap Tangguh


Sesekali pacu mobil anda dengan kecepatan tinggi. Mobil yang telah lama digunakan akan terdapat kerak pada bagian mesinnya. Anda dapat menghilangkan kerak-kerak pada bagian mesin mobil ini dengan cara memacu kendaraan mobil anda sehingga menyebabkan kerak dapat keluar melalui knalpot.

Sebagai perhatian tambahan anda dapat memacu gas kendaraan anda sampai rata lantai dalam kondisi netral atau parking untuk keselamatan anda. Jika memang anda hendak memacu kendaraan di jalan raya, tentu  saja tetap pastikan kondisi sekitar tempat anda berkendara aman dan tidak membahayakan keselamatan anda dan orang lainnya yang berada di jalan.

Selain itu, Anda dapat melakukan tune up di bengkel-bengkel resmi terdekat. Atau anda dapat mampir ke bengkel-bengkel kendaraan yang spesialis untuk tune-up racing. Hal ini dapat membuat mesin anda akan tetap awet. Pada proses tune up, kondisi komponen-komponen vital mesin mobil anda akan diperiksa secara menyeluruh.

Lakukan Pengisian Bahan Bakar Secara Full Dan Rutin


Mengisi bahan bakar tidak sampai penuh ternyata dapat membuat kendaraan anda dalam masalah besar di lain waktu. Apalagi jika anda menyimpang mobil anda dalam waktu lama, tanpa gerak dalam kondisi tangki bahan bakar kosong.

Mungkin hal ini terdengar sepele karena banyak orang yang ternyata tidak pernah mengisi tangki bahan bakar mobilnya dalam keadaan full tangki atau penuh. Kebiasaan ini dapat menyebabkan bagian atas tangki yang tidak pernah terkena cairan akan dipenuhi dengan kotoran dan kerak sehingga akan sangat membahayakan apabila kotoran dan kerak tersebut tercampur dengan bahan bakar dan terbawa ke dalam saluran pembakaran. Oleh sebab itu sesekali isi penuh tangki bensin mobil anda agar bagian atas tangki tetap bersih dan terhindar dari kerak.

Kondisi tangki bahan bakar yang berkerak dan kotor akan sangat berpengaruh pada kondisi saluran bahan bakar, pompa bahan bakar, sampai komponen injeksi bahan bakar. Kotoran dapat merusak komponen-komponen ini secara perlahan tanpa anda sadari.

Selain itu, komponen detektor bahan bakar dalam tangki bahan bakar mobil anda juga dapat mengalami kerusakan jika sering dibiarkan dalam kondisi kosong atau tergantung jauh ke dasar tangki bahan bakar mobil anda.

Rutin Memeriksa System Kelistrikan Mobil Anda


Hal yang perlu anda perhatikan lainnya adalah sistem kelistrikan pada mobil anda terutama apabila mobil yang anda gunakan sudah menggunakan sistem teknologi terbaru seperti CDI atau VVTI . Apabila ada kerusakan komponen dalam mobil anda jangan berusaha untuk memperbaikinya sendiri. Cukup dengan membawa mobil anda ke bengkel-bengkel terdekat untuk diperiksa secara menyeluruh. Karena mobil dengan sistem CDI atau VVTI seperti ini memerlukan beberapa peralatan yang pastinya tidak anda miliki untuk memeriksa komponen mesin di dalamnya

Selain itu jangan lupa untuk menjaga kebersihan pada mobil anda secara menyeluruh. Menjaga kebersihan mobil dapat memiliki dua fungsi tersendiri yaitu  kebersihan komponen mobil terjaga dan sekaligus sebagai kesempatan anda untuk mengecek kondisi komponen-komponen lain sehingga dapat terhindar dari berbagai bahaya yang mungkin timbul nantinya. Dengan rutin membersihkan bagian-bagian mobil,  anda akan mendeteksi secara dini apabila terjadi kerusakan dan ketidakwajaran pada komponen mesin.

Namun pastikan tidak ada komponen mesin yang terlepas saat  sedang membersihkan komponen atau bagian mobil anda . Untuk menghilangkan kotoran atau kerak yang kuat menempel pada mesin, anda dapat menggunakan Engine Greece yang banyak dijual di pasaran.

Cara perawatan paling mudah pada mesin adalah dengan melakukannya secara berkala dan rutin.


Tujuan utama perawatan ringan kendaraan adalah untuk menjaga agar kondisi mobil anda senantiasa dalam kondisi terbaik untuk dapat digunakan mengantarkan anda dari tempat yang satu ke tempat yang lain.

Selain itu, kondisi kendaraan yang terjaga dan tetap dalam kondisi terbaik akan membuat anda lebih percaya diri, nyaman, aman dalam berkendara sehari-hari. Apakah itu sekedar untuk menjawab tuntutan kebutuhan aktivitas anda atau untuk sekedar hobi.

Sangat dianjurkan untuk selalu mampir ke bengkel langganan anda dan mengkonsultasikan setiap keluhan kecil yang mungkin saja anda temukan dalam perjalanan. Tujuannya tidak lain untuk mengantisipasi kerusakan yang jauh lebih besar jika anda membiarkan terus berlanjut.


Semoga bermanfaat

2 comments:
Write komentar
  1. Good delivery. Your writing explains well the intent to convey. I think, I and others are very helpful with the idea that you submit in this paper.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you very much for your comments on this simple web. I feel proud of your support for this. It's more happy more beautiful, if you and others feel the web presence is quite helpful.

      Delete

Hubungi Saya Langsung