Saturday, December 29, 2018

Jangan Lakukan Pekerjaan Ini Jika Tidak Paham Resiko Besarnya

Bahaya Pengelasan Bagi Kesehatan





Bekerja sebagai tenaga pengelasan memang diakui menjanjikan pendapatan yang lumayan menarik. Namun tahukah Anda di balik semua itu terdapat resiko yang besar untuk menekuni pekerjaan ini.

Saya sudah banyak melakukan berbagai pekerjaan, mulai kerja kantoran, it, seni, sampai kerja kasar. Hampir semua pekerjaan sudah saya lakukan. Untuk itu kali ini saya akan sedikit berbagi dengan pekerjaan yang saya tekuni

Pengelasan adalah salah satu pekerjaan dengan resiko tinggi di antara beberapa pekerjaan yang lain. Resiko ini berdampak langsung bagi kesehatan pekerja.

Spanduk Bengkel Las R-DGN の物語と記憶

Satu diantara sekian banyak faktor yang dapat mengganggu kesehatan pekerja adalah asap hasil yang ditimbulkan dari proses pengelasan.

Bahaya Asap Hasil Proses Pengelasan


Asap dari hasil proses pengelasan jauh lebih berbahaya dari percikan api las itu sendiri. Bagaimana tidak, asap dengan mudah terhirup bersama udara ke dalam paru-paru pekerja.

Asap hasil proses pengelasan bila terkena mata secara langsung akan menimbulkan rasa pedih, iritasi, dan sakit mata yang serius. Tidak jauh beda dari percikan bunga api dari proses pengelasan.

Asap yang timbul dari proses pengelasan jika terhirup akan menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Asap proses pengelasan masuk dalam kategori gas yang beracun. Asap ini dapat menimbulkan iritasi pada saluran pernapasan sampai dengan sindrom parkinson.

Asap adalah salah satu dari sekian banyak bahaya yang ditimbulkan oleh proses pengelasan logam. Demikian di lansir dalam Cos-mag dot com ASSE atau American Society of Safety Engineers.

Partikel padat seperti oksida logam, slika, fluorida yang dihasilkan dalam proses pengelasan akan terbaur dalam bentuk gas yang mudah terhirup oleh pekerja.

Salah satu dari sekian banyak penyakit yang paling sering timbul dari paparan asap pengelasan di kenal dengan "metal fume fever". Penyakit ini mirip dengan flu ringan, biasanya akan hilang dengan sendirinya dalam satu kali dua puluh empat jam dengan sendirinya. Namun sebagian orang, penyakit ini dapat berlangsung selama beberapa hari.

Beberapa Partikel Berbahaya Dalam Kandungan Asap Proses Pengelasan.

- Aluminium
- Berilium
- Kadmium Oksida
- Kromium
- Tembaga
- Fluorida
- Kromium Heksavalen
- Besi Oksida
- Timah
- Mangan
- Nikel
- Vanadium
- Seng Oksida

Mengapa Asap Las Berbahaya Dan Bagaimana Asap Berbahaya Ini Dapat Masuk Dalam Tubuh Pekerja?


Partikel berbahaya dari asap proses pengelasan sama halnya dengan beberapa pencemaran udara lainnya. sangat mudah terhirup bersama udara dan masuk dalam paru-paru pekerja.

Asap ini jika terhirup oleh pekerja dan berlangsung secara terus menerus dalam jangka panjang akan dapat menimbulkan penyakit yang serius. Bahkan dalam jangka panjang dapat menyebabkan gejala serius seperti parkinson atau kerusakan di otak. Demikian di rilis oleh peneliti dari Amerika, American Academy of Neurology. Mengapa, sebab Asap dari proses pengelasan mengandung mangan.

Pekerja yang mengalami beberapa genjala gangguan kesehatan karena menghirup asap hasil proses pengelasan akan mengalami penurunan dopamin bahkan akan mengalami kesulitan gerakan ringan jika dilakukan uji keterampilan motorik.



Jenis-Jenis Partikel Berbahaya Yang Terkandung Dalam Asap Proses Pengelasan Dan Bahayanya Bagi Kesehatan Pekerja.


Aluminium, partikel ini dihasilkan dari seng, baja, magnesium, kuningan atau bahan pengisi (filler) lainnya termasuk kawat tambal yang sering dipakai oleh pekerja pengelasan. Bahaya bagi kesehatan adalah iritasi pada saluran pernapasan pekerja dan orang-orang di sekitarnya yang menghirup partikel gas ini.

Berilium, partikel yang dihasilkan dalam proses pengerasa pengelasan (hardening) pada tembaga, magnesium, aluminium alloy, baja dan kontak arus kelistrikan. Bahaya yang dapat ditumbulkan bagi kesehatan pekerja adalah Metal fume fever, karsinogen, bahkan sampai kerusakan pada saluran pernapasan. Partikel gas ini juga yang menyebabkan pekerja setelah proses pengelasan merasa deman, sakit kepal atau hidung terasa kering menyengat.

Kadmium oksida, partikel ini juga dihasilkan dalam proses pengelasan. Partikel ini dengan mudah berbaur di udara dan dengan sangat mudah terhirup ke paru-paru pekerja. Partikel ini masuk dalam kategori partikel berbahaya dan dapat menyebabkan iritasi pada saluran pernapasan, sakit tenggorokan, nyeri pada dada dan kesulitan bernapas. Efek kronis lain yang ditimbulkan adalah kerusakan ginjal dan emfisema, karsinogen suspek.

Kromium. partikel berbahanya ini paling banyak dihasilkan dari penggunaan kawat las, bahan kerja stainless steel, dan kawat tambal las. partikel kromium sangat berbahaya bagi kesehatan dan dapat menimbulkan resiko kanker paru-paru. Pada sebagian orang, partikel ini sangat mudah menimbulkan iritasi kulit. Terutama bagi mereka yang baru pertama kali bekerja di bidan pengelasan.

Tembaga. Partikel terkandung dalam asap hasil proses pengelasan. Partikel ini paling banyak dihasilkan jika mengerjakan bahan dari kuningan, perunggu atau menggunakan batang las kualitas rendah. Partikel tembaga dalam bentuk asap dapat menyebabkan iritasi akut pada mata, hidung, dan tenggorokan, mual dan metal fume fever.

Fluorida. Partikel fluorida akan berbaur dengan partikel lain dalan bentuk asap dalam proses pengelasan. Partikel ini timbul karena penggunaan lapisan elektroda, flux, dan baja panduan. Partikel ini bebahaya dan dapat menimbulkan iritasi akut pada mata dan saluran pernapasan seperti, hidung dan tenggorokan. efek jangka panjang dari paparan partikel ini adalah masalah nyeri pada sendi dan tulang. efek kronis lainnya yaitu menimbulkan cairan yang berlebih di dalam paru-paru.

Vanadium. Partikel vanadium timbul bersama partikel lainnya karena penggunaan kawat las yang berbahan baja, besi, dan nikel. Partikel ini akan berubah dalam bentuk gas atau asap berbahaya karena proses pengelasan. Partikel vanadium dapat menyebabkan iritasi mata, retinitis atau penyekit yang menyerang retina. Selain itu partikel ini juga dapat menyebabkan penyakit paru-paru seperti cairan berlebih dalam paru-paru. Bronkhitis dan pneumonia.

Bagaimana Cara Meminimalkan Resiko Pengelasan Yang Mungkin Terjadi?

Tidak cara untuk menghilangkan resiko pekerjaan yang satu ini. Namun, paling tidak berupayalah untuk mengurangi resiko yang mungkin terjadi. Ingat kesehatan itu sangat mahal. Bahkan jauh lebih mahal dari apa yang pernah anda bayangkan.

Hal utama yang perlu diperhatikan adalah memahami pekerjaan itu sendiri dengan baik. Sedapat mungkin memahami sifat material yang akan dikerjakan dan bahan-bahan yang akan digunakan.

Menjaga kebersihan permukaan bahan yang akan dikerjakan. Sedapat mungkin pergunakan sikat baja untuk membantu memebersihkan area yang dilakukan pengelasan untuk meminimalkan rasio asap yang akan ditimbulkan.

Selalu berupaya untuk mengelas di area yang terbuka dengan ventilasi udara yang baik.

Pergunakan peralatan yang baik dan terawat
Selalu pergunakan perlengkapan keselamatan, seperti kacamata khusus untuk mengelas, sarung tangan las, pakaian tebal dan pelingdung lainnya. Ingat tubuh anda tidak sekuat besi-besi yang anda las, jika besi saja bisa meleleh terkena api las, bagaimana dengan bagian tubuh anda?

Salam hangat dari saya, R-DGN Bengkel Las


Saya sudah banyak melakukan berbagai pekerjaan, mulai kerja kantoran, it, seni, sampai kerja kasar. Hampir semua pekerjaan sudah saya lakukan. Untuk itu kali ini saya akan sedikit berbagi dengan pekerjaan yang saya tekuni sekarang. Tulisan ini saya ambil dari pengalaman pribadi teman, dan sumber-sumber terpercaya lainnya. Silahkan di simak dengan seksama semoga bermanfaat.

5 comments:
Write komentar
  1. Betul sekali Daeng. Itulah mengapa bayaran upah tukang las beda dengan tukang bagunan biasa

    ReplyDelete
  2. Resiko pasti ada untuk setiap pekerjaan. Tapi pastinya resiko las itu besar, sebab anda berdekatan dengan api dan tegangan arus listrik

    ReplyDelete
  3. Liat apinya saja ngeri... sampai besi bisa meleleh. Besi setebal 120 mm sampai meleleh di tangan Daeng.. Saya sampai tutup mata meliatnya..
    Postingan yang menarik Daeng...
    Kangen dengan cerita dalam tulisan lainnya

    ReplyDelete
  4. Resiko las...
    sakit-sakitan
    penyakit yang sudah paling sering dan pasti akan terjadi.
    sakit mata
    sakit kepala
    impotensi
    mandul
    kanker
    luka bakar
    kesetrum
    terkena radiasi las resikonya sangat besar... hitung untung dan ruginya... banyakan ruginya
    pikir ulang daeng sebelum serius kerja di usaha ini.
    kalau masih ada yang lain, apalagi daeng banyak keahlian. mendingan usaha yang lain saja.

    ReplyDelete
  5. Semangat..
    Tetap jaga kesehatan, sedapat mungkin makanlah makanan yang bergizi, hindari kopi dan perbaiki pola jam kerja.
    Bekerja di jam kerja dan istirahat yang cukup saat waktu istirahat tiba.

    ReplyDelete

Hubungi Saya Langsung