Thursday, March 8, 2018

CARA MEMULAI USAHA RESTO YANG SUKSES

Cara Berbisnis Di Bidang Kuliner Agar Sukses



Bisnis dalam ilmu ekonomi adalah semua kegiatan yang menjual barang dan jasa kepada konsumen dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan atau laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris Business, dari kata dasar busy yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, atau pun masyarakat.

Bisnis resto atau lebih akrab di kenal dengan bisnis kuliner merupakan salah satu dari sekian banyak jenis bisnis yang ada. Bisnis di bidang kuliner banyak diminati masyarakat. Alasannya sepele, bisnis ini tidak ada matinya. Mengapa? Sebab makanan adalah kebutuhan yang tak dapat dihindari. Selama manusia  hidup, dia tentu akan membutuhkan makanan.

Makanan Resto https://nungtung.blogspot.com
Makanan Resto
Banyak sekali pebisnis yang bergelut di bidang ini, mulai pemula sampai mereka yang mempunyai latar belakang profesional yang sama. Hal ini menyebabkan begitu banyak pilihan yang tersedia untuk para pelanggan. Tapi yang Namanya bisnis, selain menjanjikan keuntungan tentu saja ada risiko di balik itu. Itulah sebabnya tidak semua pelaku usaha di bidang kuliner yang sukses dan mampu bertahan lama. Hanya mereka yang mampu bekerja keras, mengetahui liku-liku bisnis kuliner dan pantang menyerah yang mampu bertahan.

Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk mampu bertahan dalam persaingan bisnis kuliner. Di antaranya adalah kreativitas, ide, dan inovasi yang terus berkembang. Semakin ke depan bisnis kuliner tentu semakin banyak pemainnya, tentu persaingan akan semakin ketat. Walau jumlah pelanggan atau manusia yang semakin bertambah dari waktu ke waktu tetap dibutuhkan kreativitas tanpa henti untuk sekedar bertahan.

Bagi pembaca website daengnungtung.com yang ingin memulai usaha resto yang sukses tidak ada salahnya Anda memperhatikan beberapa hal di bawah ini.

Simak Juga Tulisan Lainnya

- Usaha Sampingan Dengan Keuntungan Besar
- Peluang Usaha Rumahan Warung Kopi Sederhana

Perencanaan Yang Baik

Semua usaha yang akan dilakukan tentu saja harus diawali dengan perencanaan yang baik. Rencanakan segalah sesuatunya dengan baik, tujuan dari rencana adalah Anda sedikit banyaknya memiliki gambaran yang jelas akan kelanjutan usaha Anda.

Perencanaan bisnis juga merupakan pedoman untuk mempertajam langkah-langkah yang akan diterapkan karena di dalam perencanaan bisnis kita dapat mengetahui posisi perusahaan kita saat ini, arah tujuan perusahaan, dan cara mencapai sasaran yang ingin kita capai.

Sebuah perencanaan usaha sangat diperlukan untuk memberikan kepastian langkah-langkah yang hendak ditempuh oleh perusahaan. Selain itu, perencanaan usaha juga memberikan motivasi berupa dorongan kepada setiap elemen yang ada di dalam perusahaan untuk selalu fokus dan memiliki perhatian yang jauh lebih terarah dalam mengambil langkah usaha ke depannya.


Menentukan Target Pasar

Menentukan target pasar untuk sebuah usaha apa saja yang Anda ingin geluti sama pentingnya dengan tujuan usaha Anda. Sedapat mungkin Anda dapat menentukan target pasar yang jelas dan spesifik.

Tujuan menentukan target pasar yang jelas tidak lain untuk memudahkan Anda dalam merencanakan atau membuat strategi penjualan dengan baik. Selain itu, menentukan target pasar seperti apa yang ingin Anda sasar dapat membantu Anda dalam menentukan jenis produk yang akan Anda jual.

Dalam topik usaha kuliner ini target yang dimaksud adalah menentukan target pasar dengan baik seperti umur, pendapatan, pekerjaan, bahkan sampai gaya hidup pelanggan. Setelah Anda mengetahui dengan pasti target pasar Anda dengan baik. Anda akan mudah menentukan produk atau jenis makanan apa yang akan Anda pasarkan.

Sebagai contoh sederhana. Anda akan membuat usaha kuliner untuk kalangan pelajar seperti anak kuliahan. Maka target Anda di sini adalah kalangan mahasiswa dan sedikit tambahan adalah tenaga pengajar atau dosen. Jika Anda sudah mengetahui pangsa pasar Anda atau target pasar dari usaha Anda. Makan produk dan jenis usaha kuliner yang pas untuk mereka tentu akan mudah Anda ciptakan.

Untuk contoh di atas, usaha kuliner yang pas adalah jenis makanan dengan gaya yang modern namun dengan tetap mempertahankan harga yang masih terjangkau. Sementara untuk tempat Anda dapat membuatnya sebagai tempat yang sederhana dengan sentuhan kenyamanan seperti kafe.

Simak Juga Tulisan Lainnya

- Aneka Usaha Untuk Mereka Yang Tinggal Di Pedesaan

Menentukan Lokasi



Pemilihan lokasi yang baik dan mudah di jangkau oleh pelanggan Anda perlu untuk diperhatikan. Untuk itu pemilihan lokasi sedapat mungkin dikaji lebih mendalam. Rata-rata pelaku usaha kuliner akan memilih tempat yang banyak dilalui oleh mereka para calon pelanggan mereka sebagaimana dimaksudkan dalam sub target pasar di atas.

Tempat lain yang menjadi primadona para pelaku usaha kuliner adalah di tempat keramaian seperti tempat wisata. Jika Anda melirik peluang di tempat wisata, maka ada baiknya Anda ikut bergabung dalam sentra kuliner atau pusat penjualan makanan. Bisanya para pengelola sudah menentukan tempat khusus untuk menjual makanan di tempat-tempat tersebut.


Inovasi Tiada Henti

Usaha kuliner bukanlah usaha langka seperti barang antik yang terbatas. Usaha kuliner banyak sekali diminati oleh pelaku usaha baik dengan latar belakang kuliner profesional maupun mereka yang masih pemula dan mencoba-coba keberuntungan. Persaingan usaha tentu akan semakin ketat ke depannya.

Untuk menyiasati persaingan yang semakin hari akan semakin ketat. Inovasi yang terus berkembang tentu akan menjadi jalan keluar dari masalah ini. Tujuan inovasi tidak lain adalah untuk terus memikat pelanggan Anda dan menghindari kebosanan untuk mengkonsumsi produk kuliner yang Anda pasarkan.

Inovasi dalam bidang usaha kuliner dapat meliputi menciptakan rasa yang unik dan baru, membuat penampilan penyajian yang unik, dan banyak hal lainnya. Dalam melakukan inovasi, Anda harus tetap memperhatikan target pasar Anda. Jangan keluar dari konsep target pasar Anda, sedapat mungkin Anda menyesuaikan dengan target pasar dan rencana awal Anda.


Menjaga Reputasi Atau Nama Baik

Usaha kuliner merupakan salah satu dari sekian banyak usaha lainnya yang sangat penting untuk menjaga nama baik atau reputasinya. Mengapa? Usaha kuliner sangat mudah terkena isu negatif. Sumber isu bisa dari persaingan usaha yang tidak sehat sampai isu yang bersifat umum seperti yang pernah terjadi seperti penyakit menelur dan lainnya.


Hindari isu negatif dengan selalu menjaga reputasi dan pertahankan merek usaha Anda.


Usaha kuliner atau bisnis makanan yang mampu bertahan hingga puluhan tahun dari generasi ke generasi hanya yang mampu mempertahankan reputasinya di mata konsumen. Sedikit kesalahan kecil dapat menjadi sumber petaka yang dahsyat untuk bidang usaha seperti kuliner ini.


Menjaga kebersihan, penyajian yang baik, rasa yang terjaga, tempat bahkan sampai pelayanan yang ramah harus di buat seketat mungkin dengan membuat standar operasional yang tegas dan ketat. Jangan sekali-kali lengah karena sudah memiliki pelanggan tetap atau sudah banyak di kenal oleh masyarakat.


Promosi Yang Berkesinambungan

Usaha yang baik adalah usaha yang banyak dikenal oleh masyarakat. Untuk itu promosi harus tetap menjadi perhatian. Se-sukses apa pun usaha Anda, promosi jangan sampai ditinggalkan. Mengapa? Ingat persaingan usaha ini sangat ketat. Promosi akan membuat tetap di atas permukaan dan menjaga usaha kuliner Anda agar tidak tenggelam dari gempuran pesaing usaha kuliner lainnya.


Pesaing Anda tentu akan menciptakan produk makanan dengan inovasi terbaik mereka. Untuk itu promosi yang gencar akan membuat usaha kuliner Anda tetap ada di hati para pelanggan Anda. Promosi tidak harus dilakukan dengan biaya yang besar. Pelanggan Anda, pelanggan yang datang ke tempat usaha kuliner Anda adalah alat promosi terbaik untuk usaha kuliner Anda.


Caranya bagaimana? Jalin keterikatan dan kedekatan melalui pelayanan yang baik. Bisa juga dengan memberi hadiah kecil untuk mereka. Siapa yang tidak senang dengan hadiah? Hadiah kecil atau suvenir kecil yang tidak berharga sekalipun ternyata dapat mengikat hati mereka dan menjadi salah satu media promosi yang baik untuk usaha kuliner Anda.


Banyak cara lain yang dapat Anda gunakan untuk melakukan promosi usaha kuliner Anda. Seperti dengan menggunakan media sosial. Kemajuan internet yang semakin hari semakin maju dan menyentuh semua lapisan masyarakat dapat Anda pergunakan sebagai media promosi yang tepat dan murah. 


Berpromosi di internet tidak terbatas hanya untuk mereka yang menjual barang secara langsung dan lepas. Promosi di internet sangat baik untuk memperkenalkan menu-menu baru Anda. Testimoni dan tulisan-tulisan yang positif di media sosial menjadi alat promosi yang sangat ampuh untuk mereka yang serius menggeluti usaha kuliner ini.

Simak Juga Tulisan Lainnya

- Kecewa Jalan Terbaik Untuk Menjadi Pribadi Tangguh
- Perencanaan Awal Dari Kepala, Berkembang Di Perjalanan

Sabar Dan Doa



Kesabaran adalah kunci agar kita selalu ditemani dan dibimbing Allah SWT. Sabar menghantarkan seseorang menjadi manusia sejati, tangguh, elegan, dan bermartabat. Betapa banyak kerusakan yang terjadi di muka bumi ini yang diakibatkan oleh manusia yang tidak bisa bersabar. Banyak kegagalan perencanaan hidup juga kandas di tengah jalan karena hilangnya kesabaran di hati mereka.

Di dalam hidup ini kadang kesabaran kita diuji oleh sebuah permasalahan yang terjadi dalam kehidupan kita, kesabaran dalam hidup ini sangat penting untuk kita miliki karena dengan kesabaran sifat - sifat terpuji pun akan dapat diterapkan dalam hidup kita dan akan terpancar keluar hingga ke karya yang kita hasilkan.

Kembali ke topik semula yaitu cara memulai usaha kuliner yang sukses. Kesabaran dan doa menjadi kunci utama selain banyak hal yang telah saya utarakan di atas. Tanpa kesabaran dan doa, usaha apa pun yang Anda lakukan akan kandas di tengah jalan.

Usaha kuliner atau bisnis menjual makanan seperti bisnis resto adalah usaha yang membutuhkan waktu ekstra untuk dapat maju dan berkembang. Untuk dikenal dan memikat pelanggan setia butuh perjuangan keras untuk itu, apalagi untuk mampu bertahan melawan inovasi baru para pesaing.

Lihat saja bagi mereka yang baru memulai usaha resto atau bisnis kuliner, kebanyakan dari mereka akan menerima kenyataan pahit yaitu sepi pelanggan di awal usaha mereka. Walaupun ada yang langsung ramai biasanya hanya di hari-hari pertama saja, saat mereka melakukan grand opening selanjutnya mereka harus bersabar dan berdoa. Sampai masakan mereka benar-benar di kenal oleh masyarakat.

Satu hal yang menjadi penyemangat di sini adalah apabila menu yang disajikan oleh usaha kuliner atau resto Anda pas dengan lidah para pelanggan Anda. Mereka akan menjadi alat gratis untuk promosi usaha Anda. Anda akan banyak dijadikan referensi oleh mereka. Untuk itulah menjaga kualitas dan standar yang ketat akan membuat Anda sukses ke depannya. Dan sudah pasti selalu bersabar dan berdoa dalam hal kehidupan pribadi atau dalam usaha kuliner atau bisnis resto seperti ini.

1 comment:
Write komentar
  1. Tulisan yang menarik dan bermanfaat. Izin membagikan di medsos pribadi saya

    ReplyDelete

Hubungi Saya Langsung