Friday, January 19, 2018

Cara Melepas Magnet Pada Mesin Sepeda Motor Dengan Mudah Dan Aman

Cara Membuka Atau Melepas Magnet Sepeda Motor Dengan Mudah & Aman Tanpa Menimbulkan Kerusakan Tambahan Pada Mesin


Tulisan sederhana tentang cara melepas magnet pada sepeda motor tanpa menimbulkan kerusakan tambahan pada mesin anda sebelumnya telah saya bahas dalam blog saya yang lain. Namun karena cara melepas magnet pada mesin sepeda motor masih banyak di cari dan dipertanyakan. Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba mengulas kembali.

https://nungtung.blogspot.com/   Bongkar Mesin
Ilustrasi Membongkar Mesin

Tentu saja cara yang akan saya paparkan jauh lebih sederhana dan tetap mudah. Satu hal yang pasti dari semua itu, cara melepas magnet pada mesin sepeda motor yang akan dikemukakan berikut ini dapat anda terapkan untuk semua mesin sepeda motor.

Cara melepas magnet pada mesin motor kesayangan anda yang akan segera anda ketahui adalah cara yang umum dan tentu saja cara tersebut dapat anda terapkan pada sepeda motor metik atau manual. Cara ini adalah cara melepas magnet dari noken as dengan aman tanpa menimbulkan kerusakan.

Alat Yang Harus Dipersiapkan

Untuk membuka magnet dari dudukannya di mesin sepeda motor anda dibutuhkan alat khusus yang di sebut dengan nama Tracker Magnet. Alat ini memiliki banyak jenis dan harus di sesuaikan dengan tipe sepeda motor anda. Walau di pasaran alat-alat bengkel yang mungkin anda temukan ada yang menawarkan dapat membuka magnet pada semua jenis sepeda motor.

Baca Juga Artikel Lainnya

- Cara Merawat Kendaraan
- Kendaraan Tangguh Segala Medan Impian Lelaki

Namun kenyataannya, setiap merek dan tipe sepeda motor memiliki keunikan sendiri. Itulah sebab mengapa alat yang digunakan juga harus menggunakan alat yang berbeda pula, walau nama alatnya tetap sama.

Cara Melepas Magnet Sepeda Motor Dengan Aman

Untuk membuka magnet pada sepeda motor sebenarnya sangat mudah. Anda hanya harus mengikuti semua aturan main yang sudah ada. Dan tentu saja anda memiliki alat yang tepat untuk membuka magnet tersebut. Setiap tipe dan merek sepeda motor memiliki alat pembuka magnet yang berbeda.

Perlu anda pahami, untuk membuka magnet pada mesin sepeda motor dibutuhkan keahlian yang cukup. Sebab jika anda membuka dengan sesuka hati anda apalagi sampai memaksakan membuka dengan alat yang tidak tepat, maka dampak yang serius akan berimbas kepada sepeda motor kesayangan anda.

Apa saja yang terjadi jika magnet dibuka secara paksa atau oleh tangan-tangan yang tidak memiliki keahlian yang cukup. Ujung Krup-AS dapat mengembang karena penggunaan alat pengcabut magnet secara paksa.

Belajar dari pengalaman dan banyak mengamati dari mereka yang sudah ahli dalam bidang otomotif. Anda dapat menggunakan skrup dan plat pengalas untuk mencegah kerusakan yang dapat ditimbulkan lebih jauh.

Bagaimana cara agar Krup-AS anda tidak mengembang. Sederhana saja. Alas dengan mur atau plat yang kuat dapat juga menggunakan poros lahar kecil bekas. Trik ini sering saya gunakan saat melepas magnet terutama untuk tipe magnet kering yang suka ribet saat di buka lantaran keras sekali menempel-nya.

Untuk membuka magnet pada mesin sepeda motor itu sangat mudah. Dengan catatan anda mempunyai alat yang tepat, nama alat ini adalah tracker biasa juga di sebut dengan nama magnet tracker di bengkel saya.

Dengan tracker magnet yang tepat dengan tipe atau merek sepeda motor anda. Maka magnet, yang merupakan komponen utama suplai Kelistrikan sepeda motor kesayangan anda akan sangat mudah dilepas dan dipasang kembali pada dudukannya.

Proses pelepasan dan pemasangan magnet pada mesin sepeda motor sama saja. Apakah itu menggunakan desain konstruksi mesin magnet kering atau basah. Hanya yang sering membedakan, magnet kering daya rekatnya terkadang lebih kuat dari pada magnet basah.

Mengapa magnet basah lebih mudah dilepas? Sederhana saja. Magnet basah, terus mengalami pelumasan oli. Sehingga proses perubahan susunan material tidak begitu berarti. Terutama setelah kendaraan atau mesin sepeda motor telah lama digunakan atau menempuh jarak ribuan bahkan ratusan kilometer.

Berbeda dengan magnet kering. Sebab dalam keseharian magnet ini nyaris tidak pernah mengalami pelumasan sama sekali. Tentu saja dengan pemakaian yang sudah cukup lama dan menempuh jarak yang lumayan jauh. Sedikit demi sedikit susunan material yang ada akan berubah, bahkan memuai.

Hal lain yang mengakibatkan magnet kering sulit di lepas adalah kemungkinan disebabkan adanya korosi pada beberapa bagian yang semakin mempersulit melepas magnet ini.

Baca Juga Artikel Terkait

Bagaimana cara agar mudah melepas magnet kering pada mesin sepeda motor?

Untuk melepas magnet kering pada mesin sepeda motor yang sulit atau mengalami perubahan susunan material, memuai. Atau faktor lain penyebab sulitnya terlepas dari dudukan-nya seperti karosi. Anda dapat mempergunakan spray atau semprotan pelumas rantai motor. Harga perbotolnya di bengkel-bengkel hanya sekitar Rp 30.000,- saja.

Seprotkan spray pelumas rantai motor atau chain lube secara merata. Terutama pada bagian Krup-AS bagian dalam. Biarkan beberapa saat. Sambil menunggu anda bisa berasap atau ngopi dulu lah.

Setelah menyemprotkan chain lube atau spray pelumas rantai. Kendur-kan mur penahan magnet sampai ujung poros Krup-AS dengan catatan, jangan biarkan lepas. Biarkan saja sejajar dengan ujung luar ulir Krup-AS.

Letakkan trekker, tracker magnet yang sesuai dengan tipe sepeda motor yang sementara anda kerja. Kemudian cabut keluar dengan memutar as traker, tracker magnet sampai magnet tersebut lepas dari dudukannya.

"...Sangat mudah bukan..."

Baca Juga Artikel Sederhana Lainnya


Cara lain dapat juga dengan menggunakan obeng sambil mengetok gagang obeng dengan palu. Cara ini mungkin berhasil, namun berisiko tinggi. Noken – AS dapat rusak, bengkok. Tentu anda tidak menginginkan sepeda motor anda tambah rusak bukan.

Cara seperti ini, yaitu menggunakan ketukan palu secara ringan dan bantuan alat congkel seperi obeng pipih dapat anda lakukan jika anda benar-benar ahli. Satu hal yang pasti sebelum anda mengambil tindakan yang satu ini anda harus benar-benar paham resiko yang mungkin terjadi. Kerusakan yang peling sering terjadi dengan tehknik ketuk palu dan congkel ini adalah noken as rusak, bengkok. Di lain sisi, blok mesin dapat mengalami kerusakan berupa cacat atau retak.

Inti dari pekerjaan  memperbaiki mesin sepeda motor adalah kesabaran. Anda harus memiliki kesabaran dan panda menyesuaikan diri dengan beberapa rintangan yang mungkin terjadi.

Sebagai seorang mekanik, pengalaman adalah guru terbaik setelah memahami teori dengan benar. Saya sendiri dalam membongkar mesin sepeda motor selalu belajar dan mencari cara yang paling mudah dan cepat.

Ingat, motor yang anda kerjakan tentu saja mesin yang sudah berumur dan mengalami ketidaknormalan atau rusak. Sedikit saja anda memaksakan atau lepas kendali, kerusakan yang ada dapat menjadi lebih parah. Atau dengan kata lain, kerusakan yang tadinya hanya kerusakan kecil dapat menjadi masalah besar jika anda salah menerapkan teknik yang tepat.

Intinya adalah penggunaan alat yang tepat. Mengetuk dengan palu atau dengan alat congkel yang tidak standar hanya akan anda lakukan jika anda benar-benar mengalami jalan buntu. jika sudah menggunakan alat tracker standard an masih sulit. Terutama kesulitan seperti ini sering ditemui pada magnet kering. Maka memberi sedikit saja ketukan dan bantuan congkelan akan lebih baik.

Penting untuk anda yang masih pemula

Berikut ini adalah empat hal sederhana yang wajib anda perhatikan dan pastinya harus anda pahami. Semoga dalam melakukan proses perbaikan anda tidak menimbulkan kerusakan tambahan pada mesin sepeda motor anda atau sepeda motor pelanggan bengkel anda.
  • Untuk membuka magnet dari dudukan noken as pada mesin. Anda wajib memiliki alat yang di sebut dengan tracker. Ini merupakan hal yang tidak bias di tawar-tawar lagi alias harga pas sudah.
  • Mengeluarkan magnet sepeda motor dari mesin dengan menggunakan alat rekayasa sendiri atau ketukan dapat berakibat pada kerusakan yang lebih parah.
  • Tetap cara paling aman adalah dengan menggunakan tracker magnet, trekker. Trekker atau Traker magnet yang anda gunakan, saya ulangi.
  • Harap anda sesuaikan dengan tipe magnet yang akan anda buka. Ingat, beda tipe dan merek motor maka akan berbeda pula trekker, Tracker, trecker magnet yang digunakan.

Oke sekian, tulisan sederhana ini semoga tulisan sederhana ini membantu anda. Jangan lupa tinggalkan komentar di kolom komentar jika anda mempunyai pertanyaan terkait judul di atas.

No comments:
Write komentar

Hubungi Saya Langsung