Wednesday, March 7, 2018

CARA DAN TIPS SUKSES USAHA BENGKEL CAT ATAU DICO KENDARAAN, MOBIL DAN MOTOR

Cara Memulai Dan Tips Sukses Bisnis Bengkel Cat Dico Mobil Dan Motor

Bagi Anda pemilik kendaraan, penampilan tunggangan Anda menjadi prioritas tersendiri. Kendaraan baik itu motor atau mobil, penampilan yang bersih dan selalu tampil baru tentu saja akan menambah percaya diri Anda.

Kendaraan bodi mobil akan sangat penting diperhatikan karena bagian ini merupakan penampilan pertama yang akan terlihat sebelum Anda menggunakannya. Dan merupakan tampilan utama saat kendaraan tersebut melaju di jalan raya. Anda tentu akan kurang percaya diri jika memarkir mobil Anda dalam kondisi kotor apalagi dengan penyok atau baret di sana sini.


Kepercayaan diri dan faktor keindahan kendaraan baik mobil atau pun mobil membuat para pemiliknya seakan berlomba untuk mempercantik kendaraan mereka. Banyak di antara mereka pemilik mobil yang rutin membawa mobil kesayangan mereka ke salon mobil terdekat hanya agar tampil bersih dan kinclong.

Namun bagaimana jika hal yang tidak Anda harapkan sampai terjadi. Sebut saja Anda mengalami kecelakaan kecil yang membuat kendaraan Anda penyok atau tergores di bagian panel yang sangat menonjol seperti pintu atau sisi depan kendaraan Anda. Tidak ada jalan lain selain Anda diharuskan mengganti panel dengan yang baru atau memperbaikinya di bengkel cat atau dico mobil.

Kejadian seperti inilah yang menjadi peluang usaha bagi mereka yang memiliki keterampilan dan kemampuan dari segi permodalan untuk membuka usaha. bisnis bengkel cat dico bodi mobil dan motor akan sangat membantu para pemilik kendaraan seperti mobil dan motor untuk tetap tampil dalam keadaan yang terbaik.
Mereka tidak akan melihat tarif yang ditawarkan jika mereka para pelanggan usaha ini menemukan kepuasan yang mereka cari.
Mobil yang kusam, karena faktor usia juga dapat menjadi kelihatan lebih menawan dan menarik dengan sentuhan cat ulang pada bodi mobil. Usaha bengkel dico bodi mobil dan motor memang merupakan peluang usaha yang menjanjikan keuntungan yang besar bagi mereka yang tekung melakukan pekerjaan ini. Walau usaha ini sempat lesu beberapa tahun yang lalu. Namun seiring waktu dan semakin tingginya kepemilikan kendaraan, usaha ini kembali banyak diminati dan di cari.
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh mereka yang serius menggeluti usaha ini. Mulai dari perencanaan usaha, tempat, peralatan, tenaga kerja, teknik promosi, pelayanan pelanggan, dan yang tak kalah pentingnya adalah penggunaan bahan utama itu sendiri yaitu cat.

Pelanggan Atau Konsumen Usaha Bengkel Cat Dico Mobil Dan Motor

Usaha apa pun tidak akan pernah berjalan tanpa adanya konsumen yang menjadi pembeli barang atau pengguna jasa yang ditawarkan. Usaha bengkel cat dico bodi mobil dan motor memiliki pelanggannya sendiri. Tentu saja dalam hal ini adalah pengguna kendaraan mobil dan motor atau lebih spesifik adalah pemilik kendaraan mobil atau motor.

Mereka yang memiliki kendaraan apakah berupa mobil atau motor, apakah kendaraan tersebut diperuntukkan sebagai alat transportasi pribadi, sebagai barang antik untuk dikoleksi atau sebagai unit usaha dalam hal ini pelaku usaha jasa angkutan. Mereka ini adalah pasar utama usaha bengkel cat dico mobil dan motor.

Banyak faktor mengapa mereka menggunakan jasa bengkel cat dico bodi kendaraan mobil atau motor. Yang pertama, keinginan untuk membuat kendaraan mereka tampil menawan atau bahkan tampil beda dari yang lain. Faktor kedua yang tak kalah dari faktor pertama bahkan menjadi prospek pasar tersendiri bagi usaha ini, yaitu faktor semakin tingginya tingkat risiko kecelakaan di jalan raya.

Kecelakaan kecil sampai serius yang menyebabkan kerusakan pada kendaraan seperti mobil atau motor menjadi peluang pasar yang terbuka lebar untuk usaha bengkel cat dico bodi kendaraan seperti mobil dan motor.

Trik Sukses Usaha Bengkel Cat Dico Bodi Kendaraan Mobil Dan Motor

Banyak sekali faktor yang menentukan keberhasilan seorang pengusaha dalam bidang usaha bengkel cat dico bodi kendaraan mobil dan motor. Namun satu hal yang pasti adalah hasil yang sempurna.

Hasil yang sempurna akan memberi nama dan nilai tersendiri bagi para pelanggannya.

Mereka tidak akan melihat tarif yang ditawarkan jika mereka para pelanggan usaha ini menemukan kepuasan yang mereka cari.

Untuk mendapatkan hasil pengerjaan yang sempurna adalah hal yang sulit dan berat. Butuh ketelitian pekerja, ketekunan, penggunaan bahan dan alat yang baik. Tanpa itu semua, hasil sempurna hanya menjadi mimpi idah di siang hari.

Di mulai dengan alat. Alat yang dipergunakan tidak boleh sembarangan, butuh alat semprot dengan kualitas yang terbaik untuk menghasilkan pengecatan yang rapi dan halus. Penggunaan mesin kompresor yang baik dengan alat penyetel tekanan angina yang presisi.

Selain itu dibutuhkan bahan yang berkualitas, dalam hal ini cat itu sendiri. Pemilihan cat yang tidak sesuai akan menimbulkan kekecewaan, dan sudah pasti pelanggan Anda akan pergi meninggalkan Anda. Lebih buruknya lagi nama Anda akan rusak selamanya.
Dan yang tak kalah pentingnya adalah tenaga kerja. Alat dan bahan yang terbaik. Tanpa kehadiran tenaga kerja yang terampil usaha ini hanya akan sia-sia. Untuk itu, bagi mereka yang terjun dalam usaha bengkel cat dico bodi kendaraan mobil dan motor sangat penting memperhatikan faktor tenaga kerja. Mulai dari penerimaan pekerja sampai sistem pembagian atau pembayaran gaji tenaga kerja.

Jika Anda benar-benar mampu menemukan celah peluang usaha bengkel cat dico bodi mobil dan motor. Namun Anda tidak memiliki keahlian atau keterampilan tangan untuk mengerjakannya sendiri, Anda tidak perlu berkecil hati. Anda dapat bekerja sama dengan mereka yang memiliki tangan terampil untuk melakukan pekerjaan tersebut.

Hal yang penting untuk Anda perhatikan adalah sistem bagi hasil Anda dengan mereka. Jika diperlukan, ada baiknya Anda menuangkan perjanjian kerja tersebut di atas kertas agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di lain waktu.


Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Untuk Memulai Usaha Bengkel Cat Dico Bodi Kendaraan Seperti Mobil Dan Motor

Perencanaan Yang Matang

Anda harus memiliki perencanaan yang baik untuk memulai usaha apa pun. Sama halnya dengan memulai usaha bengkel cat dico bodi mobil dan motor. Perencanaan Anda harus baik dan memiliki arah yang jelas, jika perlu tuliskan di atas kertas agar Anda tidak kebingungan di pertengahan jalan.

Rencanakan semua dengan jelas  dan yang tak kalah ukur kemampuan Anda sendiri. Jangan asal melihat orang lain sukses, lantas Anda ikut-ikutan ingin mencoba. Mengapa? Kemampuan mereka dan keahlian mereka belum tentu Anda juga memilikinya.

Kemampuan Dan Modal

Usaha bengkel cat dico bodi kendaraan, mobil dan motor ini memerlukan modal yang tidak kecil. Modal awal usaha ini tidak akan cukup hanya dengan uang saku Anda. Dibutuhkan modal besar, untuk memulai usaha bengkel cat dico bodi mobil dan motor membutuhkan modal sampai puluhan juta rupiah.

Modal awal usaha ini jika ingin bekerja dengan hasil yang baik untuk alat saja seperti kompresor, alat las, mesin gosok, gerinda, alat-alat cat yang baik. Paling tidak Anda harus mengeluarkan modal awal paling kecil 25 jutaan rupiah. Jika Anda ingin melengkapi semua kebutuhan akan alat yang diperlukan Anda mungkin saja membutuhkan modal awal sampai 50 jutaan rupiah.

Sementara untuk bahan pokok usaha, seperti cat, dempul dan tenner. Untuk bahan dengan kualitas yang baik, paling tidak Anda memerlukan modal awal sekitar 3 jutaan rupiah. Penting untuk diingat, kebanyakan konsumen hanya akan membayar Anda di muka sebesar 35% dari kesepakatan ongkos kerja. Sehingga Anda harus memiliki modal awal yang cukup untuk melakukan pekerjaan Anda.

Selain alat dan bahan, sudah seharusnya Anda juga memperhatikan biaya-biaya yang tidak terduga maupun yang sudah pasti seperti, sewa tempat dan gaji karyawan. Untuk tempat usaha, biaya sewa sekitar 20 jutaan sampai 30 jutaan per tahun. Sementara untuk biaya upah tenaga kerja, untuk tenaga kerja berpengalaman dan terampil mereka rata-rata dibayar dengan upah 2,5 jutaan rupiah per bulan. Sementara untuk tenaga bantu, mereka dibayar dengan upah sekitar 1 jutaan sampai 2 jutaan rupiah per bulan.

Lokasi Usaha

Pemilihan tempat usaha menjadi faktor vital lainnya. Usahakan menemukan tempat usaha yang mudah di akses, strategis. Tempat usaha yang terbaik adalah tempat yang luas. Mengapa? Sebab Anda akan mengerjakan pekerjaan yang besar, yaitu mobil.

Usahakan menemukan tempat yang tidak mengganggu masyarakat sekitar. Sebab usaha ini menimbulkan suara yang berisi, selain itu mengakibatkan pencemaran udara. Sedapat mungkin hindari daerah seperti perumahan atau dekat perkantoran dan persekolahan.

Tempat yang terbaik adalah tempat yang luas, mudah diakses, mudah di temukan oleh pelanggan. Selain itu hindari tempat yang terbuka atau daerah pembangunan, sebab usaha ini perlu perlakuan khusus. Terutama saat finishing, sedapat mungkin Anda memiliki tempat khusus yang tertutup dan terlindung dengan baik.

Peralatan Kerja

Persiapkan peralatan yang lengkap, seperti alat perbengkelan yang baik dan sesuai standar untuk melakukan kegiatan pembongkaran dan pemasangan kembali panel-panel kendaraan.
Alat lain yang penting yaitu alat pengelasan untuk memperbaiki kerusakan yang fatal. Meliputi alat penarik untuk memperbaiki cacat akibat benturan keras dan alat-alat perbaikan lainnya.

Alat pengecatan seperti kompresor , alat semprot cat atau spray cat duco, ampelas, alat dempul, ruang pengeringan atau oven, dan alat-alat lainnya.

Tenaga Kerja

Tenaga kerja adalah asset berharga dari usaha ini, untuk Anda yang serius untuk memulai usaha bengkel cat dico bodi kendaraan, motor atau mobil. Memiliki tenaga kerja yang berpengalaman dan terampil merupakan hal yang mutlak.

Selengkap apa pun alat yang Anda miliki atau sebaik apa pun bahan yang digunakan tanpa adanya tenaga kerja yang ahli akan sia-sia, hasil pengerjaan Anda hanya akan merusak nama Anda untuk jangka waktu yang Panjang. Untuk itu faktor tenaga kerja perlu Anda perhatikan dengan baik.

4 comments:
Write komentar
  1. Hasil kerja Daeng di mobil saya sangat memuaskan.. rapi dan halus.
    Semoga usaha dico Daeng semakin sukses

    ReplyDelete
  2. Pokoknya hanya dengan Daeng saya bisa berkata TOP deh

    ReplyDelete
  3. The best hanya sentuhan tangan Daeng deh

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah... mobil saya kembali kingclon berkat kerja keras Daeng... pokoknya puas deh

    ReplyDelete

Hubungi Saya Langsung