Friday, December 8, 2017

Kecewa, Jalan Terbaik Untuk Menjadi Pribadi Tangguh

Banyak hal yang dapat mematangkan pribadi seseorang. Kecewa adalah salah satunya.


Menjadi seorang pribadi super tangguh bukan hal yang mudah. Menjadi pribadi tangguh tidak dapat terwujud seketika saja. Butuh proses dan menempuh banyak perjalanan. Pengalaman hidup yang beraneka ragam dan penderitaan yang beraneka ragam menjadi pembakar kematangan seseorang menjadi pribadi yang jauh lebih tangguh.

Memiliki mental kuat ditambah percaya diri tinggi terhadap sesuatu bisa memberikan dampak positif bagi diri sendiri. Hal ini juga bahkan dapat berpengaruh dengan orang lain di sekitar anda.

Pribadi Tangguh by: https:nungtung.blogspot.com
Pribadi Tangguh
Pribadi dengan mental kokoh dan tahan ujian sangat baik untuk menjalani hidup. Hal ini akan membuat seseorang tetap gigih mencapai tujuan meski banyak halangan menghadang baik dalam karir, sekolah, hingga perekonomian.

Pribadi tangguh tidak tercipta secara instan, proses perjalanan, tempaan pengalaman mendidik orang menjadi manusia yang lebih tegar.

Baca Juga Artikel Sederhana Lainnya


Sayang tidak semua orang mendapatkan tempaan yang keras sejak dini. Selain itu, tidak semua orang terlahir dan dididik dengan mental baja. Namun bagi anda yang sedikit rapuh, tak perlu rendah diri. Meski tak terlahir dengan sifat tersebut asalkan mampu mengembangkan diri dengan beberapa cara yang biasa dilakukan mereka yang memiliki memiliki mental kuat.

Hanya manusia yang ingin menjadi pribadi terbaik yang mau merubah diri ke arah yang lebih baik. Tidak mudah puas dengan apa yang telah diraih, dan mau menerima kekurangan diri sebagai potensi dan keunikan diri. Semua itu bukti bahwa anda adalah pribadi yang tangguh.

Anda tentu akan tegar dan tangguh juga. Yang anda butuhkan hanya banyak berlatih dan menambah pengalaman hidup. Mau menerima tantangan hidup, berani mencoba banyak hal baru tentu akan cepat mematangkan diri anda.

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat membantu anda melawan kekecewaan dan menjadikan anda sebagai pribadi yang tangguh, bermental baja melewati tantangan hidup.


Belajar Menjalani Hidup


Menjalani hidup tidak semudah yang anda bayangkan. Kehidupan tidak selalu seperti yang anda harapkan. Perjalanan hidup ini tidak selalu semulus jalan tol. Kadang anda akan menemukan jalan off road. dan anda harus siap melaluinya saat itu juga.

Jalan yang mulus adalah saatnya anda menikmati perjalanan hidup sementara di jalan Off Road adalah saat terbaik bagi anda untuk banyak belajar, menentukan pilihan, mengendalikan ritme dan laju perjalanan anda. Jalan yang tidak mulus inilah, tempat anda berkuliah mata pelajaran kehidupan yang sebenarnya.

Dalam kenyataannya dalam hidup ini banyak tipe manusia. Ada tipe manusia yang percaya akan takdir dan menjalani hidup apa adanya seperti air mengalir. Namun ada juga tipe manusia yang tidak mau atau mungkin sulit menerima kenyataan yang ada. Mereka sangat percaya bahwa semua karena campur tangan mereka sendiri. Dan mereka meyakini jika mereka mampu mengendalikan segala sesuatunya.

Banyak cara menjalani hidup ini. Namun menurut hemat pribadi saya. Alangkah baiknya anda mempercayai takdir dengan tetap penuh semangat berusaha. Jika anda gagal, anda dapat mengembalikan hal itu sebagai takdir yang sudah dituliskan oleh Yang Kuasa. Jika anda belum meraih sukses, maka anda harus tetap semangat mengejar mimpi anda.

Menjadi pribadi yang merasa mampu mengendalikan semuanya, bukan berarti menjadi tipe manusia yang hidup dengan tidak percaya dengan takdir. Namun lebih dari itu. Menjadi pribadi yang bersemangat dan bergerak maju ke depan. Jangan banyak menunggu umpan balik dari orang lain. Namun lebih aktif dalam menjemput bola keberuntungan.
Manusia yang super tangguh akan selalu aktif menjalani hidup. Gagal atau berhasil adalah hal biasa. Bahkan mereka yang memiliki mental tangguh akan merasa jika kegagalan dan keberhasilan dalam hidup ini adalah hal-hal yang ada dalam genggaman dan di bawah kendalinya. Mereka, pribadi tangguh akan senantiasa bergerak menyongsong keberhasilan setiap pagi kehidupan mereka.

Mau Menerima Pelajaran Dari Kesalahan


Perjalanan kehidupan penuh dengan warna dengan beribu pilihan arah. Tidak semua pilihan yang dibuat hari ini adalah pilihan terbaik untuk langkah kehidupan hari esok yang lebih baik. Anda mungkin saja melakukan banyak langkah yang salah. Mengambil arah dalam penentuan pilihan yang salah dan bukan pilihan terbaik mungkin saja terjadi.

Satu kesialan kecil dapat meruntuhkan semua bangunan indah kehidupan yang telah anda rintis sejak awal dalam seketika. Dan satu pilihan arah yang tepat dan terbaik dapat mengantarkan anda ke tujuan, ke arak keberhasilan dalam waktu cepat dan menikmatinya di sana.

Kesalahan kecil adalah pelajaran berharga sementara kesalahan fatal akan menjadi ujian berat yang mau atau tidak mau anda harus dapat keluar dari kesalahan tersebut dan kembali ke arah yang banar. Mengembalikan diri ke jalan yang tepat dan arah yang benar bukan perkara mudah. Namun pengalaman dan ingatan untuk menghindari kesalahan yang sama akan mampu membantu anda menemukan kembali arah yang harus anda tempuh dalam mengarungi perjalanan hidup yang telah anda rencanakan.

Kesalahan dalam menentukan pilihan hidup dapat mengantarkan anda menjadi pribadi tangguh dengan berbalik dan memilih arah yang benar. Berani menerima kenyataan jika anda telah membuat kesalahan dan tidak mengulang kesalahan yang sama di lain waktu adalah guru kehidupan terbaik untuk anda.

Latihan terbaik adalah jalan yang berlubang seperti di kemukakan sebelumnya. Kesalahan dan jatuh ke dalam jalan yang penuh dengan kubangan pun adalah sarana berlatih untuk segera keluar dari sana. Latihan ini akan menguatkan pribadi anda. Dan pilihan yang tidak tepat ini akan mendidik anda menjadi pribadi yang jauh lebih baik di esok hari.

Pribadi Tangguh Adalah Pribadi Yang Fleksibel


Fleksibel bukan berarti sebagai pribadi yang mudah hanyut dengan derasnya arus kehidupan dan terbawah perubahan dalam kehidupan. Namun pribadi fleksibel adalah pribadi yang mau menerima kenyataan pahit dan manisnya kehidupan.

Perjalanan hidup tidak selamanya indah seperti yang anda harapkan. Hidup akan selalu penuh warna, adakalanya warna yang ada di hadapan anda adalah warna pelangi yang indah, namun adakalanya warna gelap menyelimuti perjalanan hidup ini.

Terkadang perjalanan kehidupan ini tidak selalu seindah dengan apa yang telah anda rencanakan. Dalam kurung waktu dua puluh empat jam saja, banyak perubahan yang mungkin terjadi di luar dari apa yang telah anda rencanakan. Hidup akan selalu penuh kejutan-kejutan di dalam anda menjalaninya.

Baca Juga Artikel Sederhana Lainnya


Sebagai seorang yang ingin menjadi pribadi tangguh sudah seharusnya anda dapat membuka diri dan mau menerima setiap perubahan yang mungkin terjadi. Sebab perubahan akan senantiasa akan terjadi kapan saja dan di mana saja. Anda tidak dapat mengingkari hal ini. Bahkan anda tidak dapat bersembunyi dari tantangan perubahan ini.

Memiliki Tujuan Hidup Yang Jelas


Seorang dalam menjalani kehidupan tentu mempunyai beraneka perencanaan kehidupan. Semua tentu akan berencana dan bermimpi menjadi pribadi sukses. Sukses secara finansial, sukses percintaan, kehidupan yang bahagia. Namun adakalanya semua perencanaan itu dan mimpi itu tidak menjadi kenyataan.

Walau demikian, tujuan hidup anda harus selalu jelas. Manusia yang mengetahui dengan jelas tujuan hidupnya. Tujuan yang jelas arah dan apa yang akan dituju akan jauh lebih cepat diraih. Orang yang dapat menentukan arah tujuan hidupnya jauh lebih spesifik akan jauh lebih mudah dalam mencapai dan mewujudkannya.

Orang yang tangguh tidak boleh lepas dari arah dan tujuannya. Arah dan tujuan ini menjadi kompas terbaik untuk menentukan setiap pilihan dalam menjalani hidup. Manusia yang tidak mempunyai arah atau tujuan hidup yang jelas akan kesulitan melalui hidup, bahkan perjalanan hidupnya akan berkelana dalam arah yang tak jelas.

Orang sukses akan senantiasa melewati masa sulit kehidupannya, mengesampingkan kekecewaannya. Manusia tangguh dengan arah atau tujuan hidup yang jelas akan mendapatkan hasil lebih banyak dan lebih cepat dibandingkan mereka yang tidak memiliki tujuan dan arah yang jelas.

Menerima Kenyataan Diri


Mau menerima dan mengakui kekurangan jauh lebih sulit dan tak semudah mengatakannya. Namun, menerima dan mengakui kemampuan diri sendiri tidak hanya membuat anda jauh lebih percaya diri.
Jauh dari itu semua, anda akan mempunyai kekuatan untuk melewati setiap tantangan yang hadir dalam kehidupan anda. Selain itu, anda jauh lebih matang dalam hal memilih hal mana yang dapat anda lakukan dan hal apa yang tidak dapat anda lakukan.

Mengetahui kekurangan diri akan memandu anda untuk banyak belajar dan meningkatkan kekurangan tersebut menjadi kelebihan anda. Kekurangan anda bukan lagi menjadi kelemahan anda jika anda sudah menemukan jalan dan mengembangkannya. Bahkan anda akan menjadikan kekurangan itu sebagai kekuatan anda, menjadikan diri anda sebagai pribadi yang unik dan berbeda dengan yang lain. Kekurangan anda akan menjadi nilai tambah yang mampu memaksimalkan potensi kesuksesan yang dapat anda raih.

Mampu Mengendalikan Emosi


Hal yang tidak dapat dipungkiri adalah banyaknya hal-hal yang mungkin terjadi di luar dari semua yang telah anda rencanakan. Kekecewaan tentu akan terjadi dalam setiap langkah kehidupan anda. Namun kekecewaan bukanlah hal dasar yang harus menenggelamkan anda sampai ke dasar.

Bahkan musibah terbesar pun bukanlah akhir dari perjalanan anda. Sebab anda masih memiliki satu api pembakar yang menghangatkan kehidupan anda, yaitu api semangat. Dengan semangat inilah anda akan bangkit dan kembali ke arah kesuksesan anda. Dengan semangat pula anda maju dan berkembang menjadi pribadi yang berhasil kelak.

Kemampuan mengendalikan emosi, merubah emosi dan amarah yang mungkin terjadi ke arah yang positif akan membuat anda menjadi pribadi tangguh yang sebenarnya. Bahkan dengan pengendalian dan penyaluran yang tepat emosi ini akan menjadikan anda sebagai pribadi yang disegani karena keunikan dan ketenangan yang mampu anda ciptakan walau anda tengah dilanda badai kehidupan yang kencang sekalipun.

Dengan menerapkan sebagian atau keseluruhan tips di atas diharapkan anda dapat menjadi pribadi yang jauh lebih baik hari ini, esok dan hari-hari yang akan datang. Mengarungi hidup, menerima kenyataan dan tidak takut menjalani perubahan akan mematangkan diri anda dengan jauh lebih baik.

Salam sukses buat kita semua.

No comments:
Write komentar

Hubungi Saya Langsung