Friday, February 16, 2018

Super Komputer dan Super Laptop Rusia

Supercomputer Milik Rusia

Komputer sudah menjadi kebutuhan yang menyentuh semua sektor. Militer pun tidak kalah butuhnya dengan masyarakat pada umumnya. Kebutuhan komputer untuk militer yang unik dan kompleks mengharuskan komputer yang digunakan pun harus spesial atau berbeda dengan komputer pada umumnya. Apakah itu laptop atau komputer desktop yang dipergunakan di markas besar. Semua adalah produk yang spesial dan tidak mungkin Anda temukan di pasaran secara mudah.

Rusia yang merupakan negara yang maju dari segi Industrial-Militer. Telah menciptakan supercomputer dengan penggunaan sistem pemrosesan atau CPU yang di buat sendiri, bukan impor dari negara lain.
Laptop Segala Medan http://www.daengnungtung.com
Ilustrasi Bukan Foto Sebenarnya
Alasan Rusia membuat sendiri bukan tanpa alasan. Sanksi dari negara-negara belahan dunia barat yang dikenakan terhadap negara Rusia membuat industri domestik Rusia harus bangkit dan aktif mencari jalan alternatif. Salah satunya adalah dengan memproduksi segala sesuatunya secara mandiri, termasuk juga industri teknologi tinggi untuk keperluan militer.

Di luar kota Moskow tepatnya di kota kecil yang bernama Fryazino menjadi sebuah tempat pengembangan sebuah super komputer berteknologi super canggih. Bagaimana tidak, super komputer ini memiliki kemampuan sampai 1,2 petaflop.

Kemampuan seperti ini dapat melakukan operasi perhitungan dan pengolahan data sampai 1,2X1015 per detik. Selain itu, supercomputer ini memiliki kemampuan keamanan yang sangat baik dan semua detail mengenai hal itu menjadi rahasia internal mereka.

Superkomputer dengan kemampuan luar biasa memang sudah ada sebelumnya dan kebanyakan digunakan di negara-negara maju. Tapi superkomputer dengan kemampuan seperti ini jumlahnya hanya beberapa saja di dunia ini.

Banyak hal yang membedakan super komputer milik Rusia dengan superkomputer lainnya. Perbedaan yang paling mencolok adalah komponen kritisnya, yaitu prosesornya. Semua dikembangkan di Rusia.

Supercomputer ini selain untuk kebutuhan harian militer Rusia. Supercomputer ini juga digunakan untuk efisiensi  bagi Industrial-Militer Rusia. Supercomputer ini dapat digunakan untuk pemodelan dan simulasi berbasis komputer. Simulasi komputer akan sangat baik untuk mempercepat dan juga menghemat biaya untuk siklus desain bahkan sampai uji coba penerbangan suatu prototipe pesawat tempur canggih seperti T_50.

Selain super komputer canggih paling aman, Rusia juga mengembangkan Laptop canggih untuk kebutuhan militer dan keperluan pemerintahannya. Laptop ini di akui sebagai laptop paling aman dan anti peretasan.

Penggunaan laptop super canggih dan super aman ini diperuntukkan bagi pasukan khusus taktis. Tujuannya sebenarnya sangat sederhana, yaitu memberi keamanan ekstra untuk data-data yang sangat sensitif agar tidak jatuh di pihak yang salah.

Sudah dapat dipastikan jika data-data di laptop ini bukanlah data sembarangan seperti di laptop yang kita gunakan sehari-hari. Data-data rahasia di laptop ini benar-benar butuh perlindungan super. untuk itu sistem operasi laptop ini pun dibuat sedemikian rupa. Dengan menggunakan sistem operasi Astra Linux dipercaya akan jauh lebih aman dari serangan Cyber.

No comments:
Write komentar

Hubungi Saya Langsung