Friday, February 9, 2018

Peluang Usaha Rumahan Warung Kopi Sederhana

PELUANG USAHA KECIL DENGAN KEUNTUNGAN BESAR DI RUMAH ANDA


Peluang Usaha Rumahan Warung Kopi Sederhana


Peluang usaha rumahan warung kopi yang sederhana siapa sangka dapat menjanjikan keuntungan sampai berkali-kali lipat dari modal awalnya. Tapi tahukah anda tak semua se-manis yang diimpikan oleh mereka yang terjun dalam usaha ini. Ada saja kendala yang dapat anda hadapi sehingga kesuksesan anda pun menjauh.

Warkop by   www.daengnungtung.com
Ilustrasi Usaha Warung Kopi

Usaha warung kopi sederhana dapat menjadi peluang usaha dengan keuntungan besar jika anda dapat mengelolanya dengan baik. Kemampuan anda sebagai managerial di sini akan sangat teruji dengan banyaknya pesaing di hampir setiap titik sudut kota saat ini. Sebagai seorang pengusaha, anda dituntut untuk menjadi pribadi yang cerdik mencari celah permainan selain itu anda juga harus pandai melihat kondisi sekitar anda.


Mengapa Anda Harus Pandai Untuk Melihat Kondisi Di Sekitar Anda?

Ingat satu hal utama yang saya sampaikan ini. Usaha warung kopi, adalah usaha yang sangat erat dengan komunitas masyarakat. Usaha warung kopi sederhana, sudah ada di dalam masyarakat itu sendiri sudah jauh hari sebelum era masyarakat kekenian saat ini yang kecanduan hiburan digital seperti game online atau dunia maya.

Untuk itu, usaha warung kopi harus mengerti komunitas dan lingkungannya. Sebagai contoh, lingkungan Agamis, tentu akan cocok dengan warung kopi sederhana yang tidak melibatkan hiburan seperti karaoke atau game online. Namun akan jauh lebih cocok sebagai tempat pertemuan tokoh masyarakat.

Baca juga artikel bisnis lainnya di

-Workshop Business

Sebagai seorang perintis dan berjiwa wirausaha, membedakan tempat dan segmen ini sangat penting. Tujuannya tidak lain adalah profit yang maksimal. Selain itu agar tidak terjadi gesekan atau pengaruh negatif di masyarakat.

Pemilihan tempat adalah hal mendasar yang wajib menjadi perhatian, jika anda berniat sukses menekuni usaha kecil dengan keuntungan besar seperti usaha warung kopi sederhana. Lalu, tempat seperti apa yang cocok untuk merintis usaha kecil seperti usaha warung kopi sederhana ini. 

Di bawah ini adalah contoh tempat yang cocok untuk usaha warung kopi sederhana. Sebut saja tempat usaha yang dekat dengan pangkalan ojek atau pos ronda kompleks tempat tinggal anda.

http://www.daengnungtung.com

Sekitar pasar, pilihlah yang dekat dengan lahan parkir atau penjual ikan. Mengapa, sebab usaha ini lebih identik dengan mereka yang berkelamin laki-laki. Atau dengan kata lain usaha rumahan warung kopi adalah usaha yang maskulin. 85% pengunjung warung kopi adalah mereka dari kaum adam.

Terminal bus, atau terminal transit keberangkatan. Tempat ini sangat ideal, sebab warung kopi anda akan menjadi tempat untuk menghabiskan waktu tunggu bagi mereka yang berencana melakukan perjalanan atau keluarga yang mengantar.

Jadi jika anda sudah memiliki salah satu tempat seperti di atas, tentunya hal itu akan menjadi modal dasar terbaik untuk anda merintis usaha warung kopi sederhana maupun usaha warung kopi kelas menengah ke atas. Tempat yang tepat merupakan penunjang utama usaha ini, walau tidak secara total (seratus persen) penentu keberhasilan.

Bagaimana Prospek Usaha Rumahan Warung Kopi?

Untuk usaha warung kopi sederhana, seperti warung kopi pinggir jalan. Secangkir kopi bisa anda jual dengan nilai sampai Rp 3000,- sedangkan untuk warung kopi dengan segmentasi masyarakat perkotaan dengan kelas dan gaya hidup yang jauh lebih di atas. Secangkir kopi itu bisa anda jual dengan nilai nominal sampai Rp 25.000,- ini merupakan potensi penghasilan yang besar.

Bayangkan saja, berapa nilai rupiah yang harus anda keluarkan untuk sekedar membuat kopi susu atau kopi rebus hitam. Nilai percangkirnya, tidak akan lebih dari Rp 2.000,- bukan. Silakan hitung sendiri, jika anda menjual dengan harga Rp 25.000,- per cangkir sementara biaya produksi yang harus anda keluarkan tidak lebih dari Rp 2.000,- saja. Bukankah keuntungan bersih untuk anda sangat menggiurkan, bandingkan dengan peluang usaha bisnis online.

Dengan keuntungan yang begitu maksimal, Usaha ini adalah usaha yang sangat menarik untuk digeluti. Peluang usaha warung kopi sederhana dapat memperoleh keuntungan maksimal sampai 180 % dengan trik pemasaran yang tepat. Untuk memaksimalkan usaha warung kopi sederhana yang anda rintis, anda dapat menyediakan menu pelengkap lain yang sesuai dengan lokasi dan minat para pelanggan anda.

Menu tambahan untuk usaha warung kopi sederhana. Sebut saja dengan adanya layanan internet gratis, untuk usaha warung kopi yang berada di perkotaan atau di sekitar pemukiman warga dengan taraf pendidikan yang di atas rata-rata.

Sementara bagi anda yang membuka usaha warung kopi sederhana di sekitar tempat hiburan atau tempat perbelanjaan, anda dapat memberi menu pelengkap berupa hiburan tontonan gratis yang menarik seperti Live pertandingan sepak bola atau Live pertandingan bulu tangkis, tinju dan lain sebagainya.

Jika anda melangkah keluar dari rumah anda dan mengamati sekitar anda. Tentu saja dengan mudah anda akan dapat menemukan masyarakat yang mengambil peluang usaha ini. Peluang usaha warung kopi sederhana memang begitu mudah dan tersebar di mana saja. Syarat utama untuk menggapai sukses dalam usaha ini adalah, mengetahui dengan tepat strategi pemasaran.

Berikut ini adalah beberapa strategi sederhana yang dapat membantu anda yang serius menggeluti peluang usaha warung kopi.

Pandai Menentukan Target Pasar

Sangat disarankan untuk anda memperhatikan siapa saja yang akan menjadi costumer anda. Memahami keinginan dan kebutuhan yang mereka inginkan adalah salah satu kunci keberhasilan usaha anda.

Ada begitu banyak kalangan yang akan menjadi pelanggan setia anda, sebut saja masyarakat umum, pelajar/ mahasiswa, atau mungkin kalangan terbatas seperti anggota club tertentu dan lain sebagainya. Untuk itu menentukan target menjadi hal penting di sini, sebab dengan mengetahui target anda maka perjalanan usaha warung kopi anda akan menjadi lebih mudah.

Temukan artikel menarik lainnya di

- Social Stories

Setiap target pasar tentu pelayanan yang harus anda berikan juga berbeda. Selain itu dengan mengetahui target pasar yang tepat, usaha warung kopi sederhana anda juga harus mengikuti trend dan gaya hidup life style mereka sebagai target anda.

Menyajikan Menu Tambahan Menarik Lainnya

Tidak dipungkiri, mereka yang menjadi pelanggan usaha warung kopi anda akan menghabiskan banyak waktu mereka di tempat anda. Seiring dengan berjalannya waktu yang mereka lalui mereka akan butuh banyak kebutuhan lain selain menu utama usaha warung kopi yaitu si hitam manis, kopi. Menyediakan menu lain yang menarik seperti makanan atau camilan ringan tentu akan menjadi pundi-pundi tambahan pemasukan untuk anda yang serius dalam peluang usaha rumahan warung kopi sederhana ini.

Contoh saja, selain anda menjual kopi susu sebagai menu utama. Anda juga dapat memberi pemanis menu sebagai teman minum kopi yaitu dengan menjual menu tambahan seperti menjual ubi goreng keju atau pisang goreng coklat. Dengan adanya beberapa variasi menu yang anda tawarkan dan tentu saja dengan layanan menarik lain seperti pelayan yang ramah. Maka keuntungan yang mungkin anda dapatkan dari peluang usaha rumahan ini akan semakin maksimal.

Sebagai seorang pengusaha, tentu sekarang akan semakin tertarik untuk segera memulai bukan? Dengan kemampuan alami anda sebagai wirausaha, tentu dengan mudah anda dapat mengembangkan semua ide dalam artikel ini. Jangan lupakan bagikan artikel ini ke teman anda dengan tetap mencantumkan sumber aslinya.

Salam sukses buat anda

Daeng Nungtung

No comments:
Write komentar

Hubungi Saya Langsung