Friday, December 8, 2017

Melawan Kegagalan Dan Kekecewaan Dengan Semangat

Keluar Dari Zona Kecewa Dan Kegagalan Dengan Semangat Dan Keyakinan


Adakalanya dalam hidup ini kita terjatuh atau bahkan patah semangat dalam menjalani kehidupan. Sumber atau akar masalahnya beraneka ragam. Kejadian di luar dari apa yang telah direncanakan mungkin saja menimbulkan kekecewaan yang mendalam. Namun sebagai pribadi yang bermental tangguh, harus mampu, mau atau tidak mau untuk melewati itu semua.


Jika anda perlu membangkitkan semangat. Ataukah anda sekarang sedang tidak memiliki motivasi hidup? Atau apakah Anda sedang berjuang melawan kebiasaan/adiksi yang buruk?

Apa pun tantangan yang tengah anda jalani saat ini, anda harus mampu melewati semua itu. Anda dituntut untuk mengatasinya. Cara mengatasi masalah pun beraneka ragam salah satunya dengan niat untuk menjalani perubahan, tekad yang kuat untuk berubah menjadi pribadi yang jauh lebih baik dan semangat yang tinggi.

Kendala untuk menjalani proses ini tentu ada. Ya, benar sekali. Bagaimana cara meningkatkan atau bahkan menumbuhkan niat dan semangat untuk melalui semua tantangan hidup tersebut?

Berikut ini adalah cara-cara sederhana untuk membangkitkan semangat. Apakah itu semangat belajar, semangat kerja atau semangat menjalani hidup. Diharapkan setelah membaca artikel sederhana ini anda akan memiliki motivasi hidup yang jauh lebih baik.

Pola Pikir Anda Harus Diubah, Merubah Pola Pikir


Pola pikir anda sangat berpengaruh dalam kehidupan anda. Semangat anda dalam menjalani hidup ini bahkan dipengaruhi oleh pikir anda sendiri atau biasa di sebut dengan mindset. Pada dasarnya memang semangat manusia itu terbatas dan sangat dipengaruhi oleh keadaan/situasi, namun ada beberapa faktor penting yang jarang disadari oleh kebanyakan orang yaitu mindset.

Memperbaiki pola pikir atau mindset menjadi pola pikir tanpa batas atau tidak di batasi dengan aneka kelemahan diri adalah potensi besar yang harus anda miliki untuk perubahan. Bagi anda yang ingin maju dan sukses sangat dianjurkan untuk memiliki pola pikir yang tidak mudah surut. Atau pola pikir anda harus luas, jangan sekali-kali anda memiliki pola pikir yang mudah kendur seiring berjalannya waktu atau bertambahnya usia anda.

Jika anda membuka pikiran dan meningkatkan semangat anda untuk terus berubah ke arah yang jauh lebih baik. Dengan sendirinya semangat anda akan terus tumbuh. Anda harus percaya, bahwa semangat anda itu tidak terbatas dan tidak akan pernah habis. Anda akan terus bekerja dan bekerja secara terus menerus dan rajin dalam melakukan semua aktivitas keseharian anda.

Orang yang mudah patah semangat, mudah menyerah setelah dihadapkan dengan suatu tantangan kecil. Mereka itu membatasi diri mereka. Mereka selalu membelenggu pola pikir mereka dengan satu ungkapan. “Sudah sampai di sini saya tidak mampu…”

Orang yang ingin sukses selalu mencari peluang. Orang sukses akan berkata dalam menghadapi tantangan, “pasti ada jalan, saya yakin saya bias. Jika orang lain bias, saya tentu juga bias melakukannya jauh lebih baik dari apa yang telah mereka lakukan.”

Jika anda bergabung dalam perusahaan besar. Anda akan terbiasa dengan perencanaan jangka Panjang atau pun perencanaan jangka pendek. Perencanaan bulanan, tahunan bahkan perencanaan lima tahunan. Tapi tahukah anda, tidak semua perencanaan itu akan berjalan sesuai rencana. Selalu ada-ada saja revisi atau penyesuaian di perjalanan.

Ada pula tipe orang yang banyak memiliki rencana jangka Panjang. Namun tidak satu pun dari rencana mereka yang berhasil terwujud. Mereka yang seperti ini sebenarnya bukan tipe manusia yang gagal atau tidak punya niat kuat untuk berhasil.

Justru sebaliknya. Mereka adalah tipe manusia yang mempunyai mimpi besar dan niat yang membara di awal perencanaan. Namun sayangnya, api semangat yang mendorong dia untuk maju padam di tengah jalan karena banyaknya halangan dan rintangan yang mereka temu dalam perjalanan.

Mereka justru kehilangan arah. Apa yang harus mereka kerjakan selanjutnya. Hal ini tentu saja dipengaruhi oleh pola pikir mereka sendiri, ketika mereka kehilangan arah. Pola pikir negative lebih dominan. Sehingga semangat hidup dan berubah itu pun hilang dengan sendirinya.

Fokus Dengan Tujuan


Salah satu tips sederhana agar anda tidak mengalami hal serupa dengan mereka, yaitu patah semangat di tengah perjalanan. Anda harus memiliki fokus, visi anda harus jelas. Apa yang akan anda raih dan dalam kurung waktu berapa lama, anda akan mencapai apa yang telah anda rencanakan.

Mengapa Fokus Pada Satu Tujuan Anda Perlukan?

Logikanya sederhana. Sama halnya dengan anda mengangkat beban dan memindahkannya dari tempat yang satu ke tempat yang lain. Akan jauh lebih ringan mengerjakannya satu persatu namun secara berkesinambungan dari pada melakukan secara keseluruhan sekaligus namun hasil tidak tercapai bukan. Mengerjakan banyak tujuan sekaligus dalam kurung waktu yang sama akan melelahkan dan membuat semangat anda mudah sekali padam di tengah jalan.

Memiliki Rencana Rahasia


Anda mungkin sudah merencanakan semuanya dengan baik. Keinginan untuk berbagi dengan orang lain pun pasti ada. Apalagi dengan orang-orang terdekat anda. Namun, tidak semua membagikan hasil perencanaan anda ke orang lain itu baik. Rencana anda mungkin harus anda rahasiakan untuk sementara waktu.

Perencanaan yang terlalu sering di umbar akan jauh lebih cepat gagal dari pada perencanaan yang dirahasiakan dari orang lain. Mengapa?

Rahasia yang anda simpang akan terus terbayang dalam benak anda. Hal ini akan menyuburkan semangat anda untuk terus bergerak dan beraktivitas untuk mewujudkannya. Sementara rencana yang telah tersebar luas justru nilai penyemangatnya akan pudar dengan sendirinya. Hal buruk lainnya dengan mengumbar rencana adalah nilai surprise dari hasil yang anda peroleh akan hilang.

Mengumbar rencana sampai terbuka ke media dan di ketahui oleh banyak orang akan menjadi beban berat untuk anda. Hal ini akan menjadi pelemah semangat untuk anda. Selain itu, anda akan menerima beban tambahan berupa tekanan sosial. Tekanan sosial dapat terjadi jika perencanaan anda berbenturan dengan beberapa kepentingan orang lain, atau bahkan jika perencanaan anda itu gagal d tengah jalan.

Menjaga Fantasi Mendekati Realita


Kebiasaan berkhayal dapat mendorong anda menjadi pemimpi yang sukses. Namun jika anda terlalu jauh bermimpi anda akan banyak menghabiskan waktu dengan mimpi itu dan mungkin di waktu lain anda akan sulit membedakan antara kenyataan dan mimpi itu sendiri. Hal ini tentu merupakan bahaya besar yang harus anda hindari.

Mimpi yang terlalu tinggi atau keseringan akan membuat anda tinggi hati padahal anda tidak memiliki apa-apa. Selain itu, mimpi yang tinggi selagi akan membuat anda memandang remeh hal-hal kecil yang sebenarnya merupakan potensi besar jika di gali dan ditindak lanjuti jauh lebih dalam. Point penting yang saya maksudkan di sini, bias jadi hal kecil yang anda remehkan adalah hal besar jika anda tekuni.

Baca Juga Artikel Terkait

- Kecewa, Jalan Terbaik Menjadi Pribadi Tangguh

Selain itu mimpi menjadi manusia yang sukses yang berlebihan akan membuat anda berkreasi. Anda malas berbuat hal-hal sederhana atau karya kecil karena merasa kelas anda sudah jauh di atas awan. Namun realitasnya tidak demikian.

Mimpi itu bagus sebagai pembakar semangat dan motivasi usaha untuk mencapai impian tanpa batas. Namun jangan sampai mimpi besar anda menjadi dimotivasi bagi diri anda. Jangan sampai anda merasa semua telah anda lalui, padahal anda baru melalui semua itu dalam alam mimpi dan angan-angan semata.

Tumbuhkah Percaya Diri


Menumbuhkan kepercayaan diri, jika anda mampu menyelesaikan apa yang telah anda mulai. Percaya diri anda harus bina, jika orang lain mampu membuat karya terbaik mereka. Maka anda juga pasti bias membuat karya terbaik anda yang jauh lebih baik dari karya mereka.

Hindari semangat berkobar di awal start, namun hilang dalam perjalanan. Kelemahan anda bukanlah kekurangan anda. Namun sebaliknya, kelemahan anda adalah yang membuat anda menjadi pribadi yang berbeda dan unik. Anda dapat berhasil dengan mengerahkan semua potensi yang anda miliki. Apa pun kekurangan yang anda miliki, jadikan itu sebagai power health anda untuk menjadi potensi positif anda.

Percaya diri yang anda kembangkan harus terus dan terus ditumbuhkan dari hari ke hari. Namun jangan karena kepercayaan diri anda sampai meremehkan kehadiran orang lain. Namun alangkah baiknya menjadikan kehadiran orang di sekitar anda sebagai pelengkap anda.

Kepercayaan dan keyakinan jika anda bias melakukan semua dengan jauh lebih baik dari hari ke hari. Mempercayai bahwa semangat dan kreasi anda tanpa batas. Konsisten dalam melakukan setiap point demi point apa yang telah anda rencanakan sejak awal. Semua itu akan mengantarkan anda menjadi pribadi tangguh dan sukses.

Mau Menerima Kenyataan Hidup


Perencanaan anda mungkin sudah terbaik. Satu demi satu telah anda susun dengan sebaik mungkin, namun ada-ada saja faktor di luar perhitungan anda yang merusak semua perencanaan anda. Sebagai manusia, sudah normal adanya anda mengalami kekecewaan.

Namun sebagai pribadi yang terus berjuang untuk berhasil meraih mimpi indahnya. Adalah hal yang bruk jika anda larut dalam kekecewaan yang berkepanjangan. Anda harus mampu bangkit menjadi manusia dengan perencanaan yang jauh lebih baik.

Kegagalan pada umumnya akan membuat anda banyak menunda pekerjaan yang ada dan tenggelam dalam renungan dan tanda tanya mengapa semua itu terjadi. Bahkan, penyesalan bukan hal yang jarang di temui jika seseorang mengalami kegagalan. Namun semua itu tidak boleh menenggelamkan anda dalam waktu yang lama. Anda, mau atau tidak anda harus bangkit dan menemukan kembali jalan terbaik untuk mencapai mimpi anda kembali.

Perencanaan kita yang gagal dalam menghadapi ujian di dunia nyata. Sebenarnya, bukan karena anda telah melakukan banyak kesalahan dalam perencanaan tersebut. Bukan juga karena anda seorang yang buruk dalam menyusun sebuah rencana.

Namun lebih dari itu, kehidupan ini adalah hal yang sangat kompleks. Dan begitu banyak variabel dan faktor yang mungkin saja di luar kendali anda. Kemampuan menerima kenyataan, jika anda bukan Yang Maha Kuasa. Anda bukan Yang Maha Tahu, akan menjadi benteng yang baik untuk sadar diri betapa rapuh kondisi manusia itu pada dasarnya.

Hal-Hal Yang Harus Anda Hindari

Jangan Pernah Anda Merasa Gagal Dan Menyalahkan Diri Sendiri


Semua orang pernah gagal. Penemu besar saja, harus melakukan berkali-kali percobaan sampai menemukan karya gemilangnya seperti saat ini yang kita nikmati. Lalu mengapa anda harus takut gagal atau bahkan sampai menyalahkan diri sendiri.

Kekecewaan yang berkepanjangan hanya akan menghambat anda menjadi lebih baik. Ingatlah selalu, perencanaan anda mungkin sudah yang terbaik. Namun dibalik semua itu, rencana Tuhan jauh lebih baik untuk anda. Berserah diri kepadaNya akan menjaga anda untuk tetap berpijak di tanah yang subur ini.

Mencoba cara pintas hanya untuk mewujudkan tujuan jangka pendek akan baik di awalnya saja. Namun hal itu tidak akan pernah bertahan lama. Melupakan tujuan jangka Panjang anda hanya akan semakin memperparah keadaan yang ada.

Merasa gagal dan kehilangan tempat berserah diri akan semakin rapuh dan semakin tenggelam. Alangkah baiknya memaafkan diri atas semua kesalahan yang telah anda perbuat dan cobalah bangkit setapak demi setapak. Anda mungkin tidak dapat menemukan ritme yang sama ketika anda terjatuh. Tapi setidaknya anda sudah mengarah ke arah tujuan yang yang benar. Anda hanya harus melangkah selangkah demi selangkah untuk kembali ke posisi yang sama.

Jangan pernah membandingkan rezeki anda dengan orang lain. Anda boleh melihat keberhasilan orang lain sebagai pembakar semangat juang anda. Namun jangan sekali-kali mengejar kesuksesan orang lain menjadi kesuksesan diri anda juga. Pencapaian hidup anda dan pencapaian hidup orang lain tentu akan berbeda. Hal itulah yang merupakan warna indah kehidupan ini.

Anda hanya berkewajiban berusaha, sementara hasilnya. Semua anda harus serahkan kepada Yang Maha Kuasa. Mau menerima kenyataan dan bersyukur dengan apa yang telah anda miliki jauh lebih baik dari pada menghakimi diri dengan kegagalan dan kesalahan yang telah terjadi. Jika anda pernah sukses dan terjatuh. Yakinlah, waktu akan membawa anda kembali ke posisi yang lebih baik jika anda mau menerima kenyataan dan memperbaiki diri.

No comments:
Write komentar

Hubungi Saya Langsung