Sunday, December 10, 2017

Cara Cepat Dan Mudah Merintis Usaha Dengan Modal Kecil

Cara Paling Cepat Dan Paling Mudah Merintis Usaha Dengan Modal Kecil



Banyak alasan mengapa seseorang akan lebih baik membuka usaha dengan modal kecil lebih dahulu sebelum memulai usaha dengan modal yang besar. Salah satunya adalah sebagai cara uji coba atau try and error dahulu baru memulai usaha yang benar-benar akan digeluti.

Pentingnya Perencanaan Usaha


Jika alasan seperti ini diterapkan tentu akan banyak membuang waktu dan tenaga. Dan sudah pasti akan banyak sekali potensi yang hanya akan terbuang percuma dalam langkah try and error ini.


Usaha Modal Kecil  || https://nungtung.blogspot.com
Usaha Modal Kecil

Perencanaan yang seadanya akan sangat tercermin dengan langkah usaha seperti ini. Sementara keberhasilan, yang menjadi harapan akan sirna bahkan tidak akan pernah menemui jalan yang pasti. Membuang waktu dan banyak potensi sama saja dengan menunda banyak kesempatan emas yang seharusnya menjadi milik kita.

Kebanyakan orang akan memilih usaha dengan modal yang kecil supaya saat mereka gagal atau usaha yang dilakukan tidak cocok dan mengalami kerugian, bisa tidak rugi banyak.

Hal ini memang bisa dikatakan sebagai pilihan yang tepat. Membuka usaha dengan cara yang cepat walau dengan modal yang kecil, anda juga bisa mengembangkannya dan mendapatkan keuntungan yang besar pula.

Walau kenyataannya, perencanaan matang di awal akan jauh lebih baik untuk anda lakukan. Walau ini adalah pilihan yan tepat untuk menghindari banyak kerugian. Namun sayang sekali, seperti dikatakan di atas. Potensi dan waktu akan banyak terbuang untuk itu.

Satu hal penting untuk anda yang akan berusaha berapapun jumlah modal yang anda miliki. Sangat penting memperhatikan perencanaan usaha yang akan anda tempuh. Mendesain rencana dengan sebaik-baiknya dalam perencanaan sambil tetap mengerjakan apa yang sudah anda kerjakan saat ini. Dan saat yang tepat tiba, saat perencanaan itu sudah siap atau benar-benar matang, maka itu adalah saat terbaik untuk anda terbang tinggi mengerjakan satu demi satu point dalam perencanaan awal anda.

Baca Juga Artikel Sederhana Lainnya



Penyusunan rencana sama pentingnya dengan keseluruhan usaha itu sendiri. Untuk itu, dalam point perencanaan bisnis akan banyak menyita waktu anda, potensi dan sumber daya yang anda miliki. Bahkan anda akan banyak sekali disibukkan dengan kegiatan riset atau penelitian yang mungkin saja akan sangat anda perlukan.

Banyak hal yang harus dilakukan sebelum merencanakan usaha apa yang akan anda lakukakan, berikut adalah beberapa hal yang kadang menjadi terlupakan.



Memahami jenis usaha dan karakter anda



Memulai usaha dengan modal kecil tentu akan lebih mudah dan tak serumit dengan usaha raksasa dengan modal besar. Baik itu dalam perencanaan, pelaksanaan, bahkan sampai di tahap pengawasannya. Namun perencanaan yang besar akan jauh memudahkan anda kelak dari pada hanya bertumpu dalam perencanaan kecil saja.

Ada banyak sekali jenis usaha di luar sana yang dapat dikerjakan, namun tentu saja tidak semua usaha itu cocok dengan karakter yang anda miliki. Jadi mengetahui karakter anda sebagai calon pengusaha sama pentingnya dengan modal itu sendiri.

Apa yang menjadi kesenangan anda dan bertarung dalam usaha dengan bidang yang sama. Tentu akan jadi lebih mudah bukan menggeluti usaha yang sesuai dengan kesenangan sejati anda ketimbang memaksakan usaha yang sebenarnya bertolak belakang dengan jiwa dan keinginan anda.

Banyak sekali contoh usaha yang dapat anda lakukan bahkan dengan modal hanya sampai ratusan ribu saja, bahkan ada juga usaha yang hanya dengan mengandalkan prabot rumah yang sudah ada sekalipun. sebut saja, Usaha Laundry, Usaha Jualan Makanan Jadi, Usaha Jualan Pakaian Bekas, Usaha Jasa Service Panggilan, dll. Namun kembali ke point di atas apakah usaha ini sudah sesuai dengan keinginan, bakat, keahlian dan keterampilan ada.

Kunci usaha bukan seberapa besar modal dan sehebat apa perencanaan sekalipun. Namun di mana karakter anda sebenarnya. Menjalani perjalanan usaha tak ada bedanya dengan menjalani perjalanan hidup itu sendiri, bukankah menjadi diri sendiri akan jauh lebih baik dari pada harus berpura-pura menjadi seseorang atau avatar seperti orang lain.


Kiat Usaha Agar Usaha Modal Kecil Anda Berhasil



Setelah mengenali diri, merintis dan menjalankan usaha yang telah anda rencana dari nol. Tidak ada salahnya jika anda mempelajari banyak hal terkait usaha tersebut untuk mengembangkan diri dan usaha anda. Mengambil seorang penasehat usaha pribadi pun bukan hal yang tidak perlu jika memang anda memerlukan jasa tersebut. Banyak berkonsultasi dan membaca tulisan ulasan bisnis atau artikel kecil seperti ini juga akan menambah tajam fokus bisnis anda.


Kiat usaha yang mungkin juga sering anda lupakan karena hanya berfokus selama ini dalam sektor permodalan adalah mental dan karakter seperti yang telah di sebutkan di atas.

Memahami kemampuan dan mampu membaca kemampuan diri serta jiwa dan mental juang yang anda miliki. Hal ini akan sangat baik untuk membantu anda menjadi sosok pejuang tangguh dalam usaha bisnis apapun yang anda geluti.


Menjadi Seorang Pengusaha Bermental Juang



Sebagai seorang pengusaha, mental yang sekuat baja akan sangat penting untuk anda miliki. Berani mencoba dan memaksimalkan potensi diri sampai titik paling tinggi akan sangat mempengaruhi seberapa cepat anda akan mencapai keberhasilan.


Mental pengusaha adalah mental yang fleksibel namun tidak serta merta mudah terbawa arus informasi. Seorang pengusaha harus mampu membaca situasi di sekitarnya dan lingkungan usaha serta mampu membaca pola kecenderungan serta perubahan apa yang akan terjadi.


Selain itu, seorang yang bermental seorang pengusaha. Akan cepat dan tepat dalam pengambilan keputusan. Bahkan seorang dengan mental pengusaha akan berani dalam mengambil banyak resiko tanpa banyak mempertimbangkan hal-hal kecil yang dirasa tidak perlu. 


Pengusaha Dengan Pribadi Yang bertanggung Jawab



Hal yang paling sering dilupakan terkadang hal yang juga sering dilewatkan. Karena hanya focus mencari tahu cara dan bagaimana sehingga lupa jika ternyata ada hal-hal yang harusnya sudah dipersiapkan sebelum memulai sesuatu. Ya benar sekali, tanggung jawab.

Bertanggung jawab, kata yang satu ini mungkin akan sangat tepat melihat fenomena usaha yang marak sekarang ini. dengan alasan yang berjuta.

Tidak jarang sekarang, banyak pengusaha yang menghalalkan segalah macan cara untuk mencapai tujuan usahanya. Mulai dari manipulasi usaha untuk kepentingan mendapatkan tambahan modal usaha dari investor bahkan sampai dengan manipulasi lainnya untuk mengurangi kewajiban pada negara dalam hal perpajakan dan lain sebagainya.


Tanggung jawab, menjadi terlupakan dan hanya fokus terhadap keuntungan semata tentu bukan ciri pengusaha yang baik. selain itu, tanggung jawab terhadap sesama dan masyarakat sekitar juga tidak jarang saat ini terlupakan.


Hanya karena terfokus pada profit semata, sehingga lingkungan dan masyarakat sekitar menjadi korban dan kehlangan hak-hak yang semestinya menjadi milik mereka.


Hal-hal yang sering terlupakan seperti ini sangat perlu untuk anda pahami jauh hari sebelum merintis usaha itu sendiri. Sehingga kelak anda menjadi pengusaha yang sukses dunia dan sukses akhirat.

Kembali ke topik awal artikel ini, cara mudah merintis usaha dengan modal kecil


Pemilihan Tempat Usaha



Merintis usaha modal kecil dan usaha dengan modal besar pada dasarnya tidak jauh berbeda. Seperti pemilihan tempat contohnya, sangat penting melihat seberapa strategis tempat usaha anda.


Memahami jenis usaha dan meletakkan usaha tersebut di tempat yang tepat akan menjadi kunci sukses lainnya untuk anda. Tempat usaha yang tepat mempunyai andil yang cukup besar untuk kesuksesan usaha anda bahkan dapat berhemat biaya yang mungkin saja akan menjadi beban yang berarti untuk anda.


Sebagai contoh, anda menjalankan usaha seperti usaha foto copy dan alat tulis. Usaha seperti ini akan sangat baik dilakukan jika tempat usaha anda dekat dengan perkantoran atau sekolahan. Namun akan sangat buruk jika anda membuka usaha yang sama di lingkungan masyarakat pertanian atau peternakan di pedalaman atau pedesaan.


Contoh lain, Usaha Laundry akan sangat berpotensi untuk masyarakat perkotaan yang padat dengan ciri dan pola hidup masyarakatnya sebagai pekerja aktif. Di mana mereka sudah tidak punya waktu untuk melakukan hal-hal seperti mencuci baju dan merapikannya sendiri. Usaha laundry akan sangat tepat untuk jenis tempat seperti ini. Seperti sekitar Kos-kosan pekerja, Perkantoran, kampus atau lainnya. Namun usaha Laundry akan kurang pas jika dilakukan di lingkungan perumahan dengan kegiatan ibu rumah tangganya masih kebanyakan menghabiskan waktu di rumah atau passive.


Pandai menempatkan usaha pada tempatnya akan menjadi nilai tambah lagi untuk mendorong keberhasilan usaha anda. Jenis usaha apapun itu dan dengan jumlah modal sebesar apapun juga, pemilihan tempat tetap harus menjadi point penting yang tidak boleh terlupakan.

Baca Juga Artikel Sederhana Lainnya




Setelah anda sudah menentukan usaha dan memilih usaha yang tepat, anda bisa melihat-lihat lokasi mana yang cocok dan tepat untuk anda membuka usaha tersebut. Untuk memilih lokasi, pastikan lokasi usaha yang akan anda buka memiliki area parkir luas namun harga sewa murah dan cocok dengan anggaran yang anda tentukan.


Cara pertama memang anda harus siap bukan hanya siap modal, namun juga siap mental. Siap akan menanggung resiko dan kerugian yang akan anda alami selama membuka usaha. Nah, tentunya sebelum anda memulai membuka usaha, anda sudah bisa memilih dan menentukan usaha apa yang cocok dan tepat yang akan anda jalani. Anda juga bisa melihat lingkungan sekitar dan melihat kira-kira usaha apa yang maju dan mudah berkembang dengan modal kecil di lingkungan seperti itu.


Jangan sampai lokasi yang akan anda gunakan sebagai tempat usaha anda, memiliki saingan berat dengan usaha yang akan anda buka. Atau bahkan usaha yang akan anda jalankan terlarang untuk lingkungan tersebut contoh usaha discotik namun anda memilih tempat di lingkungan perumahan, tentu anda akan susah sekali mendapatkan perizinan dari pemerintah setempat.


Selain itu melihat persaingan yang ada. Hal lain yang sering terlupakan adalah persaingan  tidak sehat pasti akan menempatkan persaingan yang buruk dan bahkan ada kemungkinan keterlibatan tangan yang nakal.


Kecuali jika anda memilih tempat yang umum seperti yang ada di semua mall, atau tempat gedung pusat usaha tertentu pastinya hal ini akan memiliki tempat yang sama sehingga persaingan usaha akan sedikit dapat diminimalkan.


Dua Contoh Usaha Yang Dapat Dilakukan Bahkan Dengan Modal Yang Nyaris Tidak Ada



Usaha Kerajinan Tangan Untuk Anda Yang Terampil



Tidak semua usaha harus di awali dengan modal besar. Sebut saja usaha kerajinan tangan, untuk memulai usaha ini tidak diperlukan modal yang besar. Walau kenyataannya, usaha jenis seperti ini adalah keterampilan pribadi anda menjadi modal utama anda.


Perlu Anda ketahui jika terdapat beberapa usaha hanya membutuhkan modal kecil bahkan nyaris tanpa perlu modal sama sekali untuk menjalankannya, salah satunya adalah usaha kerajinan tangan.


Untuk menjalankan usaha ini Anda cukup memiliki keahlian khusus mengenai kerajinan tangan apa yang ingin Anda buat. Misalnya saja membuat lampu tidur hias, mainan anak, aksesoris wanita, bunga plastik, dan pernak-pernik lainnya.


Bahan yang digunakan pun terbilang cukup mudah didapat dan tidak perlu mengeluarkan modal yang besar. Anda dapat menggunakan bekas kardus, sedotan, ataupun botol minuman untuk membuat kerajinan tersebut.


Dengan kreatifitas yang Anda miliki tentu dapat menghasilkan kerajinan tangan yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Anda dapat menawarkan produk yang Anda buat ke teman, tetangga, atau Anda dapat mempromosikan lewat media sosial seperti facebook, twitter, dan instagram.


Cara promosi ini tentu akan lebih mudah tidak perlu mengeluarkan biaya promosi yang begitu besar. Hanya dengan memaksmalkan fungsi yang ada pada gadget anda, anda sudah dapat memperoleh nilai tambah dalam hal promosi usaha anda.


Usaha Sebagai Penulis Paruh Waktu & Blogger Full Time



Siapa sangka, hanya dengan menulis ternyata dapat menjadi usaha sampingan untuk anda. Dan tidak jarang usaha seperti ini malah dapat dijadikan sebagai usaha pokok bagi mereka yang telah mengenal baik cara dan seluk beluk usaha ini. 


Jika anda mempunyai kemampuan untuk mengolah kata atau berimajinasi dengan fakta. Anda mungkin seorang yang tepat untuk menggeluti usaha dalam bidang penulisan konten media atau blogger website. Dengan hanya mengandalkan gadget dan jaringan internet dan ikut dalam salah satu media periklanan anda akan dengan mudah mendapatkan penghasilan tambahan untuk memenuhi kebutuhan anda.


Simak juga tulisan atau artikel kecil saya dengan judul Cara Paling Cepat Buat Account Adsense Cepat Diterima Dan Full Approve. Bagi anda yang ingin mencoba memperoleh penghasilan dari ketikan anda. Selain itu anda juga dapat menjualan tulisan anda ke media atau website yang membutuhkan jasa penulisan konten rich media. 



Silahkan mencoba dan salam sukses untuk kita semua

No comments:
Write komentar

Hubungi Saya Langsung