Monday, March 12, 2018

JENIS CAT TERBAIK UNTUK MOBIL ANDA

Cat Merupakan Hal Dasar Untuk Mendongkrak Penampilan Kendaraan Anda

Tak dapat dipungkiri jika cat merupakan satu hal yang sangat penting untuk menaikkan keunikan dan keindahan mobil Anda. Pemilihan cat tentu saja tidak boleh sembarangan. Selain kualitas, waktu dan biaya. Kepuasan dan kebanggaan Anda sebagai si pemilik kendaraan dalam hal ini mobil adalah taruhannya.

Teori pemilihan cat untuk mobil kesayangan sepertinya hal yang sangat mudah. Anda hanya memilih warna yang Anda kehendaki, lalu menerapkannya ke mobil Anda. Namun sebenarnya hal itu tidak terlalu tepat untuk mereka yang mengharapkan kualitas dan kepuasan. Untuk mendapatkan cat mobil yang terbaik dan cocok untuk semua kondisi, seperti iklim, hasil, dan lain sebagainya. Ternyata rumit untuk menerapkan teori di atas.

Prose Pengecatan Mobil https://nungtung.blogspot.com
Prose Pengecatan Mobil
Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, dibutuhkan proses pengerjaan yang sungguh-sungguh. Selain itu diperlukan bahan yang berkualitas. Bahan dengan mutu rendah, hanya akan memberikan kekecewaan saja.

Untuk mendapatkan kepuasan, kebanggaan dari penampilan mobil kesayangan. Setidaknya cat itu harus memiliki kualitas di atas rata-rata atau di atas standar kualitas pabrikan mobil. Cat yang terbaik adalah yang memiliki daya rekat yang kuat dan ketahanan yang baik.

Banyak kasus yang mungkin sering kita jumpai, seperti warna yang pudar atau bahkan warna cat yang mudah mengelupas dari permukaan body mobil kita. Banyak faktor yang menjadi penyebab hasil buruk seperti itu. Salah satunya adalah kualitas cat mobil yang kita terapkan itu sendiri. Selain itu proses pengerjaan yang sekadarnya. Hal ini menyebabkan penggabungan lapisan cat dasar, lapisan cat warna dan lapisan finishing tidak melekat dengan baik di atas body kendaraan kita.

Semua orang sepakat, proses pengecatan butuh proses yang panjang dan rumit. Untuk itu tentu saja dibutuhkan waktu yang tidak sekejap mata dalam pekerjaannya. Proses pengecatan juga butuh biaya yang tidak kecil untuk kalangan menengah ke bawah. Lalu bagaimana dengan hasil yang diharapkan? Tentu semua juga sepakat, ingin mendapatkan hasil yang terbaik dan memuaskan.

Dewasa ini begitu banyak pilihan merek dan varian harga untuk se kaleng cat mobil. Ada yang sesuai dengan semua jenis permukaan kendaraan, dan ada juga yang mampu bertahan di semua jenis iklim di permukaan bumi ini. Tentu untuk mendapatkan hasil terbaik dan memuaskan juga butuh biaya yang terbilang besar. Rata-rata cat mobil dengan kualitas terbaik di pasaran dapat diperoleh di angka minimal Rp 200 ribuan ke atas.

Apakah cat dengan harga terjangkau lantas tidak baik, atau berkualitas rendah? Tidak selamanya hal itu benar. Namun, pada umumnya cat berkualitas tentu dibutuhkan biaya yang besar pula untuk mendapatkannya. Harga menentukan kualitas. Sama halnya dengan proses pengerjaan itu sendiri. Harga dan waktu menentukan hasil. Jangan berharap hasil yang terbaik dari proses pengerjaan sekejap mata dan dengan biaya minim. Sebab hal itu tidak mungkin Anda peroleh di mana pun.

Bagi Anda yang berencana untuk membuat tampilan mobil kesayangan menjadi lebih unik. Atau mungkin mobil Anda sudah banyak garis dan cacat di bagian body atau panel-panelnya yang membutuhkan sentuhan pengecatan. Ada baiknya Anda memahami beberapa jenis cat yang tepat yang banyak beredar di pasaran.

Pada umumnya cat mobil di bagi dalam tiga kategori, yaitu Cat Stoving, Cat Urethane, dan Cat Lacquer. Masing-masing dari ketiga cat tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri.

Berikut ini adalah penjelasan sederhana dari ketiga kategori cat di atas. Perlu saya tambahkan informasi ini berasal dari media dan beberapa penjual cat yang sempat saya wawancara singkat secara terbatas.

Kategori Cat Stoving

Jenis cat mobil yang masuk dalam kategori ini ada bermacan merek. Kategori cat mobil ini merupakan produk yang umum digunakan untuk mereka para pelaku usaha bengkel cat body mobil dengan modal besar. Mengapa? Sebab cat dalam kategori ini pada umumnya membutuhkan proses pengeringan yang khusus, yaitu melalui ruang pembakaran atau lebih akrab di sebut sebagai ruang oven cat.

Soal hasil tentu sudah tak dapat diragukan lagi, daya rekat yang baik, tingkat ketahanan yang awet karena jauh lebih keras, tahan terhadap goresan. Soal harga dan biaya pengecatan tentu saja di atas rata-rata biaya cat pada umumnya. Jika Anda mengharapkan kualitas dan kepuasan, pemilihan bahan ini tentu saja sudah sangat tepat.

Kategori Cat Urethane

Kategori Cat Urethane merupakan kategori cat yang cukup baik walau mungkin saja masih di bawah dari kualitas kategori Cat Stoving. Hasil yang memuaskan masih dapat diperoleh dari kategori cat ini, apalagi proses pengerjaan ditangani oleh mereka yang benar-benar ahli dan berpengalaman. Selain itu, kategori cat ini sudah lumayan tahan lama. Yang menarik kualitas Cat Urethane memiliki hasil yang kelihatan lebih mengkilap atau high gloss.

Soal ketahanan akan goresan tentu saja kalah jauh dari Cat Stoving. Jika Anda mengharapkan kualitas cat yang mampu bertahan lama, atau Anda mengharapkan warna yang cemerlang dan kelihatan mengkilap/ High Gloss namun dengan harga yang lebih terjangkau atau murah kategori Cat Urethane adalah pilihan yang tepat.

Kategori Cat Lacquer

Kategori Cat Lacquer adalah kategori cat mobil dengan harga yang paling terjangkau dari semua kategori yang telah disebutkan, tentu saja semua tergantung di mana tempat Anda membeli dan merek dari cat itu sendiri.

Kategori Cat Lacquer adalah cat mobil yang memiliki kelebihan tersendiri yaitu harga yang terjangkau dan proses pengeringan yang jauh lebih cepat. Namun di balik kelebihan tersebut ternyata cat ini tidak tahan lama. Warna dari kategori cat ini sangat mudah kusam atau pudar, apalagi jika sering terkena sinar matahari langsung dalam waktu yang lama.

Demikian informasi sederhana ini saya bagikan untuk Anda. Semoga dapat membantu menentukan pilihan cat yang tepat untuk mobil kesayangan Anda. Jika Anda memiliki masukan, informasi tambahan atau mungkin ingin menanyakan beberapa hal terkait judul tulisan ini. Silakan tinggalkan komentar di bawah. Terima kasih, salam sukses untuk kita semua.

No comments:
Write komentar

Hubungi Saya Langsung