Thursday, February 1, 2018

Aneka Usaha Untuk Mereka Yang Tinggal Di Pedesaan

Usaha Rumahan Yang Mudah Di Kerjakan Untuk Mereka Yang Tinggal Di Pedesaan


Bagi anda yang tinggal di daerah pedesaan, merintis usaha sebenarnya bukan hal yang sulit. Hanya perlu anda pahami perputaran uang tentu tidak selancar di kota besar. Pada umumnya di pedesaan perputaran uang itu mengalami tren atau mengikuti masa panen raya. Akan tetapi bagi anda yang mempunyai jiwa bisnis, hal ini adalah peluang usaha tersendiri yang dapat anda kembangkan.

Banyak sekali usaha rumahan yang dapat di kembangkan di daerah pedesaan. Yang anda butuhkan adalah perencanaan yang baik dan kejelian dalam melihat dan memanfaatkan setiap peluang yang ada. Peluang usaha mungkin saja berbeda antara wilayah yang satu dengan yang lainnya.

Usaha Di Pedesaan https://nungtung.blogspot.com/
Usaha Di Pedesaan

Hal tersebut sudah biasa, setiap daerah memiliki kesempatan dan peluang yang berbeda-beda. Untuk itu kepandaian anda dan jiwa wirausaha yang cermat akan sangat berperan dalam menentukan visi dan misi usaha apa yang akan anda rintis.

Peluang usaha di daerah pedesaan tentu akan sedikit berbeda dengan peluang usaha di daerah perkotaan. Di pedesaan, lingkungan pemukiman masih belum sepadat pemukiman di perkotaan. Tentu saja jumlah penduduk jauh lebih kecil dari lingkungan pemukiman di perkotaan yang begitu padat. Karena itu, peluang usaha yang patut dikembangkan tentu akan sedikit berbeda dengan peluang usaha untuk daerah perkotaan.

Bagi anda pemilik jiwa usaha dan pandai melihat peluang usaha yang ada. Daerah pedesaan terpencil menjadi peluang tersendiri untuk merintis usaha. Bahkan anda dapat menjadi pengusaha sukses dengan mudah berkat kurangnya pesaing yang ada.

Alasan Peluang Usaha Di Pedesaan Jauh Lebih Mudah


Dasar utama mengapa merintis usaha di pedesaan menjadi lebih mudah dari pada di perkotaan adalah sulitnya masyarakat dalam mendapatkan kebutuhan mereka. Alat-alat elektronik, akses ke dunia tanpa batas seperti internet, mode dan gaya berpakaian yang terbaru. Semua itu masih lambat dan sulit didapatkan di daerah pedesaan. Inilah dasar dan celah yang mudah anda kembangkan sebagai seorang wirausaha. Daerah yang tertinggal sekalipun bukan menjadi halangan, namun sebaliknya hal itu adalah peluang dan potensi yang besar.

Dengan kehadiran anda yang memberi solusi atas semua kesulitan yang di alami masyarakat pedesaan. Mereka akan menemukan alat-alat yang dibutuhkan, barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat pedesaan akan jauh lebih mudah didapatkan.

Dengan kata lain, kehadiran anda sebagai manusia dengan jiwa wirausaha tangguh secara langsung maupun tidak langsung sudah ikut ambil bagian dalam pemerataan pembangunan nasional.

Tantangan Peluang Usaha Di Pedesaan

Peluang usaha di desa selain menjanjikan peluang keuntungan tentu juga memberi tantangan yang berbeda. Banyak tantangan yang harus anda jawab dengan tepat dan cepat untuk menjaga eksistensi anda.

Salah satu kesulitan terbesar yang harus anda taklukkan tidak lain adalah sebab peluang usaha itu sendiri muncul. Ya, kesulitan mendapatkan beberapa sumber daya dan faktor ekonomi maupun barang dan jasa yang anda butuhkan.

Hal ini merupakan sumber utama peluang usaha pedesaan namun juga merupakan tantangan terberat untuk anda yang akan merintis dan mengembangkan usaha di daerah pedesaan. Namun sekaligus sebagai potensi awal mudahnya merintis usaha di pedesaan.

Dengan niat untuk membantu dan mengembangkan suatu lingkungan seperti pedesaan yang tertinggal. Semua tantangan tersebut seharusnya menjadi potensi yang harus dapat anda olah dan atasi dengan mudah, sebagai seorang pengusaha.

Semangat juang dan keahlian yang anda miliki dapat membuat perubahan yang besar bagi daerah pedesaan di samping keuntungan yang dapat anda kantongi dalam kurung waktu yang relatif lebih cepat tentunya.

Cara Mengatasi Tantangan Dan Kesulitan Membuka Usaha Di Pedesaan


Peluang usaha di pedesaan memiliki tantangan yang berbeda dengan usaha di perkotaan. Di antara semua tantangan umum yang sudah pasti dihadapi bagi anda yang ingin merintis usaha, terdapat tantangan kelangkaan dan sulitnya mendapatkan sumber daya dan pendukung usaha.

Sebagai seorang yang berjiwa wirausaha, menjawab tantangan tersebut menjadi keharusan. Keterbatasan sumber daya dan kelangkaan faktor-faktor ekonomi penunjang usaha menjadi tantangan yang mau atau tidak harus dapat di atasi.

Keterbatasan faktor produksi dan sumber daya lainnya dapat saja mendorong anda mengeluarkan lebih banyak sumber daya modal. Untuk itu dibutuhkan keahlian yang mumpuni untuk melakukan perhitungan biaya dengan baik. Kelalaian dalam memperhitungkan biaya dapat membuat anda gagal dalam perjalanan jauh sebelum usaha yang anda cita-citakan dapat menghasilkan keuntungan.

Cara lain menghindari membengkaknya biaya pengadaan sumber daya dan pengadaan faktor-faktor pendukung usaha. Pemilihan usaha yang tepat menjadi salah satu kunci yang tidak dapat anda lewatkan. Pemilihan usaha sedapat mungkin di sesuaikan dengan sumber daya dan faktor-faktor pendukung yang ada. Hindari memilih usaha atau merintis usaha yang memerlukan sumber daya atau faktor-faktor pendukung usaha yang langka dan sulit anda dapatkan di pedesaan.

Selain memperhatikan kelangkaan sumber daya dan faktor pendukung usaha. Sangat baik melihat potensi yang dimiliki. Potensi lingkungan juga tidak boleh luput dari pengamatan. Setiap lingkungan tentu memiliki potensi yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Ketepatan dan kepandaian anda melihat peluang yang ada akan dapat membuat anda sebagai perintis usaha di pedesaan yang sukses.

Beberapa Contoh Usaha Yang Dapat Di Terapkan Di Pedesaan


Merintis usaha akan selalu berorientasi dengan keuntungan. Idealnya usaha yang dirintis dengan modal yang anda miliki saat ini sebaiknya dapat mengantarkan anda sebagai seorang pribadi mandiri secara finansial dan juga dapat memberi manfaat secara langsung atau tidak langsung kepada orang lain di sekitar anda.

Pada umumnya usaha yang di rintis dengan modal kecil atau pas-pasan akan memberi anda keuntungan yang tidak begitu besar. Dan sebaliknya usaha yang dirintis dengan sumber daya yang besar atau dengan mengorbankan faktor modal jauh lebih besar akan memberi anda keuntungan pendapatan yang besar pula.

Berusaha tidak jauh berbeda dengan anda memancing di laut. Semua tergantung dengan keahlian anda, alat atau kail yang anda gunakan, dan juga umpan apa yang anda pakai. Semakin baik keahlian, alat dan umpan yang digunakan maka hasil yang akan di dapatkan pun juga akan jauh lebih baik. Lebih dari itu, adalah doa dan keberuntungan. Walau ungkapan ini tidak selalu benar. Namun juga tidak selalu salah.

Mengingat persaingan usaha di pedesaan masih jauh jika diperbandingkan dengan persaingan usaha di perkotaan. Membuka usaha di pedesaan tentu akan jauh lebih mudah dan tentunya keahlian anda sebagai pengusaha dapat anda uji di sini dengan lebih sedikit tantangan pesaing.

Untuk membantu anda yang berniat hijrah dan berusaha di pedesaan, berikut ini saya gambarkan sedikit usaha yang dapat anda kembangkan di pedesaan. Dengan ketekunan dan keahlian alami yang anda memiliki sebagai seorang pengusaha tidak menuntut kemungkinan anda dapat mengembangkan ide usaha berikut dengan mudah.

Menjual Bensin Botolan Atau Usaha Pompa Bensin Mini


Peluang usaha di daerah pedesaan selalu terkait dengan kebutuhan masyarakat di daerah pedesaan itu sendiri. Salah satu dari sekian banyak kebutuhan masyarakat pedesaan adalah kebutuhan akan bahan bakar minyak.

Masyarakat pedesaan selain membutuhkan bahan bakar minyak untuk alat transportasi seperti keperluan untuk kendaraan roda dua (sepeda motor) dan kendaraan roda empat (mobil) mereka.  Bahan bakar minyak berupa bensin dan solar ternyata juga mereka butuhkan untuk keperluan menghidupkan mesin-mesin pendukung kegiatan pertanian mereka. Bahan bakar minyak mereka perlukan untuk menjalankan mesin-mesin pertanian bahkan sampai mesin pembangkit listrik atau generator.

Jika di telaah lebih dalam, ternyata kebutuhan masyarakat pedesaan akan bahan bakar minyak jauh lebih besar dari pada kebutuhan masyarakat perkotaan. Masyarakat perkotaan hanya membutuhkan bahan bakar minyak sebagai bahan bakar untuk alat transportasi dan mesin-mesin pendukung kecil lainnya. Sementara di pedesaan, peranan bahan bakar minyak begitu besar.

Melihat tingginya kebutuhan akan bahan bakar minyak di pedesaan ini. Sebagai seorang yang berjiwa usaha. Tentu saja hal ini adalah suatu peluang emas.

Selain kebutuhan akan bahan bakar minyak yang besar, ternyata di pedesaan setelah saya amati sendiri. Penjual bahan bakar minyak oleh pihak distributor resmi yakni Pertamina. Tidak sepadat di perkotaan. Bahkan di beberapa kabupaten tertentu, penjualan bahan bakar minyak hanya dapat di jumpai di jalan-jalan utama dengan jarak sampai ratusan kilo meter.

Hal ini semakin di perparah dengan diterapkannya jam operasional tertentu. Jadi mereka tidak menjual 24 jam, namun hanya melakukan pelayanan di jam-jam tertentu saja. Mereka pada umumnya hanya menjual antara pukul 08:00 pagi sampai pukul 16:00 sore hari. Hal ini tentu saja, karena sistem kerja karyawan mereka yang masih di layani oleh beberapa karyawan saja dan tidak ada pengaturan jam kerja.

Semua ini adalah tantangan dan menjadi peluang tersendiri. Semua kesenjangan pemenuhan kebutuhan akan bahan bakar minyak ini, menjadi peluang usaha yang baik untuk anda menjual bahan bakar minyak dalam bentuk botolan atau melalui pompa bensin mini. Dengan mengambil keuntungan berupa selisih harga seribu rupiah per liter saja. Anda dapat mengantongi uang sampai jutaan dalam sebulan. Prospek usaha yang baik kan.

Jual Beli Hasil Panen Raya


Pedesaan adalah daerah yang identik dengan pertanian. Banyak macan tanaman dengan potensi besar dibudidayakan di pedesaan. Mulai tanaman untuk konsumsi seperti sayuran sampai tanaman untuk komoditi ekspor dibudidayakan oleh masyarakat.

Kesuburan tanah dan ketersediaan lahan pertanian yang lebih dari cukup memudahkan masyarakat pedesaan mengembangkan aneka komoditi pertanian berkualitas.

Melihat semua itu, sebagai seorang pengusaha atau sebagai manusia dengan jiwa wira usaha yang alami. Tentu saja hal ini merupakan peluang emas yang menjanjikan keuntungan yang besar. Hasil yang melimpah dapat membuat anda sebagai pemain dalam rantai jual beli hasil panen raya.

Dengan bermodalkan keterampilan menawar, modal awal yang cukup, serta kedekatan dengan petani dan sedikit koneksi dengan pemain besar dari daerah lain. Kesuksesan anda sebagai penjual dan pembeli hasil bumi atau hasil panen raya tentu akan sangat mudah untuk anda raih.

Menjual Pakaian Keliling


Peluang usaha jualan tetap saja menjanjikan keuntungan apakah anda di desa atau anda hidup di perkotaan besar. Jual beli antara manusia yang satu dengan manusia lainnya, serasa sudah menjadi satu dengan kehidupan itu sendiri. Dengan adanya kebutuhan dan keterbatasan kemampuan untuk memenuhi kebutuhan itu, jual beli tetap menjadi pilihan.

Kebutuhan masyarakat pedesaan akan pakaian yang layak dan mengikuti mode berpakaian masyarakat sesuai tren terkini menjadi salah satu kesempatan untuk di gali dan dikembangkan. Dengan perkembangan alat telekomunikasi dan semakin derasnya arus informasi. Pakaian bukan lagi sekedar kebutuhan untuk menutupi bagian tubuh tapi juga gaya hidup.

Kehadiran anda di tengah-tengah masyarakat pedesaan dengan memiliki modal untuk membeli persediaan awal barang dagangan. Di tambah dengan koneksi anda ke pusat penjualan busana di kota-kota besar atau pusat garmen, menjadi nilai tambah untuk anda.

Salah satu trik untuk meningkatkan potensi penjualan anda yaitu dengan menggunakan trik jemput bola atau dengan kata lain dengan menjajakan jualan anda secara berkeliling. Hal ini harus di tempuh untuk mempercepat pergerakan arus jual beli. Selain itu, merupakan siasat terbaik untuk menutupi kekurangan daerah pedesaan di mana jumlah masyarakatnya yang masih kurang.

Tukang Menjahit


Daerah pedesaan identik dengan kesederhanaan. Selain itu, hampir semua kebutuhan masyarakat di suplai dari luar wilayah apalagi itu kebutuhan seperti pakaian atau alat elektronik. Hal ini tidak lain, karena pedesaan bukan merupakan sebagai lingkungan industri seperti di kota-kota besar yang majemuk.

Namun kebutuhan masyarakat akan pakaian tetap saja sama antara masyarakat pedesaan dengan masyarakat di perkotaan. Untuk itu kehadiran tukang jahit tentu saja merupakan suatu hal yang sangat dibutuhkan. Bahkan dengan keterampilan anda dan kedekatan yang di bina dengan baik antara anda sebagai tukang jahit dengan mereka, warga masyarakat tempat anda berdomisili. Anda akan menjadi sebagai manusia yang kehadirannya di anggap penting dalam komunitas pedesaan.

Keterampilan menjahit dan membuat pakaian yang nyaman di pakai bukan perkara mudah. Tidak semua orang mampu membuat pakaian yang baik dan nyaman di pakai, dan tidak semua orang mengetahui cara menjahit pakaian yang baik.

Dengan keterampilan dan modal alat yang cukup yang anda miliki. Anda akan dengan cepat dan mudah memiliki tempat tersendiri dalam masyarakat pedesaan. Dan tentu saja anda akan dengan mudah mendapat keuntungan yang berlimpah.

Setiap usaha memiliki potensi, sama halnya dengan menjadi tukang jahit di daerah pedesaan. Untuk itu untuk mencapai sukses dengan cepat dan tidak banyak memakan biaya awal ada baiknya anda menerapkan beberapa trik sederhana berikut. 

  • Manfaatkan teras rumah sebagai ruang kerja dan ruang etalase serta display hasil karya anda.
  • Sedapat mungkin anda menggunakan mesin yang berkualitas dan bermerek. Tujuannya tidak lain untuk menghasilkan hasil jahitan yang baik dan rapi.
  • Ciptakan model anda sendiri, dan baurkan aneka warna terang dalam karya anda. Ingat masyarakat di pedesaan cenderung menyukai permainan warna yang terang dan ceria.
  • Gunakan trik pembayaran yang fleksibel, yaitu pembayaran jasa menjahit anda dapat di angsur atau di undur sampai masa panen raya berlangsung.
  • Selalu ciptakan kedekatan antara anda dengan warga sekitar.


Merintis Koperasi


Sulitnya menemukan barang dan jasa yang dibutuhkan di pedesaan akan membuat anda pemilik jiwa usaha menemukan banyak peluang usaha. Salah satu peluang usaha yang paling menggiurkan dan sangat bermanfaat adalah dengan mendirikan koperasi.

Mendirikan koperasi di pedesaan selain dapat memberi anda pundi-pundi keuntungan juga dapat membantu masyarakat pedesaan untuk lebih maju dan cepat berkembang. Koperasi yang di kelola dengan baik akan mengantarkan para anggotanya ke taraf hidup ekonomi yang lebih baik.

Pengertian Sederhana Koperasi

Koperasi adalah usaha dalam bentuk perserikatan yang bertujuan memenuhi kesejahteraan para anggotanya. Koperasi berperan penting dalam perekonomian masyarakat menengah ke bawah. Peranan koperasi bagi masyarakat pedesaan akan sangat vital karena menjadi alternatif terbaik sebagai solusi permodalan dan dengan berdasarkan asas koperasi yang paling utama yaitu kekeluargaan.

Keberadaan koperasi sebagai solusi modal di rasa sangat pas. Mengingat jangkauan bank di daerah pedesaan masih begitu terbatas. Selain itu regulasi pinjaman bank untuk pinjaman nominal kecil atau untuk kebutuhan konsumsi cenderung sulit mendapatkan persetujuan.

Selain koperasi pedesaan berperan sebagai solusi modal. Koperasi di pedesaan juga dapat berperan sebagai perisai untuk melindungi masyarakat kecil pedesaan dari tindakan para rentenir atau tengkulak yang banyak merugikan masyarakat pedesaan. Seperti di ketahui bersama, tindakan dan praktik rentenir di pedesaan lebih banyak menyulitkan masyarakat dari pada memberikan solusi bantuan. Walau awal praktiknya berkedok membantu dengan tulus. Namun ke belakang, tindakan para rentenir adalah justru menyusahkan dan membuat masyarakat semakin terikat dan tertekan.

Jenis-Jenis Koperasi Yang Tepat Didirikan Di Pedesaan

Ada beberapa jenis koperasi yang dapat didirikan dengan mudah di pedesaan dan tentu saja tidak membutuhkan banyak sumber daya dan faktor-faktor ekonomi. Selain itu, juga tidak banyak melibatkan regulasi yang rumit. Berikut jenis koperasi yang tepat untuk di dirikan di wilayah pedesaan.

Koperasi Jasa

Koperasi jasa yaitu koperasi yang berfungsi memberikan dan menawarkan jasa yang dibutuhkan oleh para anggotanya. Jasa yang dapat diberikan baik berupa jasa keutuhan akan simpanan dan pinjaman, asuransi sederhana atau lain sebagainya tergantung kesepakatan para pendiri dan anggota.

Koperasi jasa yang banyak di kenal masyarakat adalah koperasi simpan dan pinjam atau biasa di singkat dengan nama KSP. Kehadiran koperasi jasa seperti ini, sangat membantu perekonomian masyarakat dan usaha rakyat. Koperasi ini menjadi salah satu faktor pendorong perekonomian desa yang cukup berhasil dan banyak menerima perhatian dari pemerintah.

Koperasi Konsumsi

Koperasi konsumsi yaitu koperasi yang menyediakan aneka kebutuhan konsumsi para anggota dan menjual kepada para anggotanya dengan harga yang bersaing. Koperasi konsumsi mirip dengan toko serba ada, namun pemilik usaha adalah para anggota itu sendiri sekaligus sebagai pelanggan setia usaha tersebut.

Karena anggota adalah pemilik sekaligus pelanggan tentu saja, setiap keuntungan akan kembali ke para pembeli atau anggota itu sendiri. Semua pembagian keuntungan dan perhitungan sisa hasil usaha di lakukan secara terbuka dan dipertanggungjawabkan dalam rapat anggota.

Koperasi Penjualan

Koperasi ini berperan vital dalam perkembangan masyarakat pedesaan terutama untuk menjaga stabilitas harga hasil panen raya komoditas pertanian. Koperasi penjualan akan menjadi faktor penghambat berkembangnya praktik tengkulak harga komoditas pertanian yang meresahkan dan banyak merugikan petani di pedesaan.

Koperasi penjual berfungsi menampung seluruh hasil panen raya komoditas pertanian, mengumpulkannya, dan menyalurkannya ke konsumen atau pembeli luar dengan harga yang bersaing.

No comments:
Write komentar

Hubungi Saya Langsung